Wakil Wali Kota Depok Imbau Sepeda Motor Gunakan Jalur Lambat

85
Wakil Wali Kota bersama TNI-POLRI saat mensosialisasikan penggunaan jalur lambat

Laporan: Aji Hendro
Para pengendara bermotor roda dua (bikers) diimbau untuk mematuhi peraturan dan tertib dalam berlalu lintas salah satunya menggunakan jalur lambat di Margonda.

Demikian dikatakan Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat kegiatan Optimalisasi Penggunaan Lajur Lambat Margonda.

Dia menambahkan, kanalisasi jalur di Margonda dimaksudkan agar terhindar dari kecelakaan saat berkendara.

“Pengendara motor roda dua wajib menggunakan lajur lambat untuk menjaga keselamatan. Dengan menggunakan lajur lambat, selain menghindari kecelakaan juga memberikan dampak positif bagi pengendara lainnya. Seperti arus lalu lintas menjadi lancar. Warga juga harus tetap patuh saat tidak ada petugas yang berjaga. Jangan hanya ketika ada petugas saja,” ujarnya, kemarin.

Dikatakannya, Pemkot Depok berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan pihak terkait mensosialisasikan penggunaan lajur lambat bagi pengendara roda dua.

“Dengan harapan terciptanya pengguna jalan yang tertib berlalu lintas. Untuk bisa mencapai apa yang kita inginkan dibutuhkan juga peran masyarakat sebagai pengguna jalan,”katanya.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra menambahkan meskipun sudah ada aturan kanalisasi jalur lambat di Jalan Margonda Kota Depok, masih banyak pengendara motor yang masih melanggar masuk ke jalur cepat.

Jhoni mengatakan, kegiatan optimalisasi kanalisasi jalur lambat dalam rangka Road Safety Patnership Action (RSPA), anggota kembali gencarkan penjagaan di Jalan Margonda untuk kendaraan motor wajib jalur lambat.

“Sosialisasi jalur lambat ini kita lakukan di simpang Ramanda Jalan Margonda Raya mengarah Jakarta, semua kendaraan motor wajib melaju di jalur lambat dan jalur cepat khusus pengendara mobil pribadi,” katanya didampingi Kanit Kamsel, AKP Elly Padiansari

Dalam kegiatan ini diturunkan badut dari Aku Badut Indonesia yang ikut membantu sosialisasikan tertib berlalulintas.

“Tetap jaga prokes, dan kanalisasi jalur lambat dibantu dengan polwan cantik di jalan,” jelasnya.

Jhoni menambahkan, pihaknya juga menyebar 2.000 pcs masker kain gratis kepada pengguna jalan baik kendaraan bermotor maupun pejalan kaki.

“Kami berharap dalam RSPA 2021 ini masyarakat Kota Depok dapat lebih tertib dalam berlalulintas guna terciptanya Kamtertibcarlantas dan mengurangi resiko angka kecelakaan di jalan,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here