Edu-Gears Virtual Exhibition Solusi Edukasi di Masa Pandemi

62
Penyelenggara dan narasumber foto bersama usai membuka acara Edu-Gears Virtual Exhibition

Laporan: Rahmat Tarmuji
Bertepatan dengan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, yaitu Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021 Edu-Gears Virtual Exhibition secara resmi dibuka. Pameran bertema teknologi pendidikan hadir sebagai pendukung pendidikan secara daring melalui virtual platform.

Berbagai macam konten acara seperti virtual interactive booth, workshop, Edutalks, dan masih
banyak konten menarik lainnya. Edu-Gears Virtual Exhibition diselenggarakan pada 1-6 Juni
2021 melalui website www.edugears-virtualexhibition.com dan dapat diakses secara gratis.

Pameran ini menghadirkan lebih dari 40 exhibitor dari berbagai jenis penyedia jasa dan barang
mulai dari konsultan pendidikan, software, hardware, penyedia kursus berbasis online, dan
lembaga pendidikan.

Salah satu program pada pameran ini adalah Edutalks yang menghadirkan beberapa pembicara kompeten dibidang ini, yaitu Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro selaku Pembina PGRI Smart Learning and Character Center; Saeful Bari, S.Kom, M.Eng selaku Koordinator Pokja Pembelajaran GTK Dikmen dan Diksus; Prof. Zainal A. Hasibuan selaku Ketua APTIKOM dan Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit selaku Ketua PGRI Smart Learning and Character Center.

Acara pembukaan secara resmi bersama Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd selaku Ketua Umum PB PGRI, Nunung Martina, S.T., M.Si Wakil Direktur I Bidang Akademik Politeknik Negeri Jakarta, Titik Purwinanti, S.Sos, M.Pd Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri

Jakarta yang tentunya didampingi oleh Wilwatikta Krisna Fajri selaku Project Officer Edu-
Gears Virtual Exhibition.

“Hadirnya Edu-Gears Exhibition adalah sebuah improvisasi dari perkembangan teknologi dan pendidikan pada masa ini yang terjadi dengan sangat cepat seiring berjalannya waktu dan keadaan. Sekolah dan kampus masih memberlakukan sistem pembelajaran secara daring demi menghindari penyebaran COVID-19,” ujar Wardiman.

Meskipun vaksin sudah mulai didistribusikan kepada masyarakat terutama tenaga pengajar, akan tetapi masih banyak orang tua yang khawatir kepada anak-anaknya untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka.

Untuk itu, masih diperlukan perangkat pendukung untuk lebih menunjang pembelajaran daring bagi para stakeholder pendidikan.

Edu-Gears Virtual Exhibition diselenggarakan oleh mahasiswa program studi MICE Politeknik Negeri Jakarta angkatan 2018 bekerja sama dengan Tokopedia sebagai e-commerce partner dengan dukungan dari PGRI, RISTEK-BRIN, dan APTIKNAS.

Pengunjung dan partisipan Edu-Gears Virtual Exhibition diharapkan dapat memperoleh manfaat dari rangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh pihak penyelenggara. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here