Pendidikan

Bambang Tantang Mahasiswa UI

Beji | Jurnal Depok
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro memberikan kuliah umum serta memotivasi ribuan mahasiswa baru UI jenjang Sarjana dan Vokasi.

Dalam paparanya, Bambang memotivasi para mahasiswa baru UI agar memiliki kompetensi diri yang siap diadu di level global.

“Saya berharap kelak para mahasiswa UI mampu bersaing secara global mengingat pergerakan barang dan SDM sudah sangat terbuka dan tanpa batas. Kalian harus memiliki kemampuan yang globally competitive, bukan hanya locally competitive,” paparnya.

Untuk itu, lanjutnya semasa perkuliahan, mahasiswa harus mampu menidentifikasi permasalahan, tantangan, ancaman hingga kekuatan yang dimiliki bangsa ini.

“Sebagai contoh, salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia adalah negara berkepulauan yang dipisahkan oleh laut. Sebagai pemuda pendorong pertumbuhan ekonomi bangsa, maka kalian harus mampu melihat bahwa laut bukanlah pemisah melainkan sebuah konektor dan temukan solusi untuk mengembangkan sistem logisitik yang optimal baik dari segi efisiensi waktu maupun ekonomi,” papar Bambang.

Ia juga mengingatkan untuk mengejar ketertinggalan dan menjadi negara maju, Indonesia harus mengubah pola konsumsi komoditas dan sumber daya alam menjadi bangsa pengolah bahan
mentah atau setengah jadi, pengeksport produk dan berubah menjadi negara Industri dan Jasa.

Dirinya berpesan kepada mahasiswa baru UI agar menjadi mahasiswa yang bisa diandalkan.

“Saya harap kalian bisa menjadi adaptif serta memiliki pemahaman sejarah yang kuat dan visi untuk menghadapi tantangan di masa  depan dan jangan pernah lupa untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri dan kemampuan bahasa,” tandasnya.

KAMABA UI 2016 diikuti oleh tidak kurang dari 7.000 mahasiswa baru UI tahun akademik 2016/2017 dari program Sarjana semua kelas (Reguler, Paralel dan Internasional) serta program Vokasi. KAMABA UI 2016 diharapkan mampu memberikan pengarahan dan bimbingan untuk memahami dan beradaptasi dalam budaya akademis dan sistem belajar pendidikan tinggi  guna kemandirian, pola pikir, pergaulan, dan kepedulian terhadap bangsa
Indonesia.

KAMABA UI 2016 berlangsung sepanjang bulan Agustus 2016 dengan rangkaian kegiatan seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik ; Latihan Paduan Suara untuk kegiatan wisuda UI ; Orientasi Belajar Mahasiswa ; Upacara Proklamasi Kemerdekaan ; Orientasi Kehidupan Kampus ; Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button