Bawaslu Dalami Kasus Caleg Bagi-bagi Duit di Sukmajaya, Siapakah Mereka?

285
Sulastio

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Badan Pengawas Pemilu Kota Depok masih menelusuri adanya dugaan money politic atau bagi bagi uang oleh salah satu calon anggota legislatif DPR RI di Sukmajaya.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Kota Depok, Sulastio kepada wartawan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan adanya kegiatan tersebut.

“Informasinya sudah didapat, nah kami langsung minta melakukan penelusuran Panwascam, makanya kami lakukan dulu penelusuran. Diharapkan ini bisa membuat informasi siapa pelakunya. Baginya ke siapa, jumlah uangnya berapa dan kejadiannya di mana,” ujarnya.

Dia menambahkan, semua yang nantinya akan menjadi bukti untuk naik ke ranah pidana.

“Kami bicara proses penyidikan ini menjadi hal yang ditimbang polisi jaksa dan hakim nantinya. Karena penyidik akan menanyakan seperti itu, siapa yang menerima, benar enggak diterimanya, uang atau bukan. Karena itu kan pertanyaan-pertanyaan penyidik,” katanya.

Sementara itu kasus dugaan caleg bagi-bagi uang di Sawangan saat melakukan pasar murah, Sulastio menambahkan caleg tersebuf terancam dijerat ke ranah pidana.

Caleg tersebut diduga kuat melakukan money politic (politik uang) saat melakukan kampanye di Sawangan, beberapa waktu lalu.

“Jadi memang karena tidak ada laporan kami jadikan temuan dari video yang beredar. Ya, karena ini pidana, maka kami harus berkomunikasi dengan kepolisian dan kejaksaan,” jelasnya.

Menurut dia, standar penyidikan polisi dan jaksa tentu berbeda dengan Bawaslu. Karena standar penyidikan yang biasa mereka jalankan tentu segala sesuatunya itu sudah sempurna.

“Tapi itu juga bagus sebenarnya. Artinya kalau kami bisa mencapai kesempurnaan sebagai mana yang diharapkan kondisi perkaranya bisa selesai,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here