Turunkan Baliho Kampanye dari Ketinggian, Satpol PP Gunakan Mobil Crane

61
Terlihat mobil crane saat menurunkan baliho dari ketinggian.

Margonda | jurnaldepok.id
Tim gabungan menurunkan satu kendaraan crane untuk menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah jalan di Kota Depok.

Kepala Satpol PP Kota Depok, M Thamrin kepada wartawan mengatakan, kendaraan crane yang diturunkan dar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk menertibkan APK yang sulit terjangkau.

“Kami kolaborasi dengan DLHK pergunakan crane untuk turunkan APK yang sulit terjangkau,”katanya.

Dia menambahkan, penertiban APK ini merupakan tindak lanjut di masa tenang usai kampanye pemilu 2024.

“APK yang ditertibkan mulai dari Jalan Margonda-Arif Rahman Hakim-Juanda-Jalan Raya Bogor dan jalan lainnya. Satpol PP Kota Depok menurunkan anggota untuk menertibkan APK hingga APK benar-benar tidak ada di jalanan,” ujarnya.

Dia berharap, dalam kegiatan tersebut berjalan lancar dan para peserta pemilu mengikuti serta menjalankan proses yang sudah ditetapkan.

“Diharapkan memang semua APK yang ada di Kota Depok sudah bersih. Tidak ada lagi kegiatan penertiban setelah penertiban, kami harapkan seperti itu,” katanya.

Untuk APK yang ada di lingkungan warga, pihaknya mengerahkan anggota Satpol PP di Kecamatan bersama petugas lainnya untuk menertibkan.

Ketua Bawaslu Kota Depok, Fathul Arif mengatakan, penertiban APK dilakukan karena sudah memasuki masa tenang menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2023, masa tenang Pemilu berlangsung selama tiga hari sebelum hari pemungutan suara.

“Kami (Bawaslu) juga mengimbau seluruh peserta pemilu untuk segera melakukan penertiban atau menurunkan APK secara mandiri sebelum dimulainya masa tenang dan tidak melakukan kegiatan yang berpotensi kampanye pada masa tenang,” tandasnya.

Ditegaskannya, branding stiker paslon atau caleg yang ada di kendaraan bermotor wajib dicopot secara mandiri.

“Selama masa tenang, dari tanggal 11, 12, 13 Februari itu kami sudah pastikan bahwa Kota Depok bersih dari alat peraga kampanye,” katanya.

Sementara itu salah satu pendukung caleg di Kecamatan Beji menurunkan Alat Peraga Kampanye yang terpasang di Jalan Komodo.

“Sudah masuk masa tenang baliho kami turunkan ya,” kata Anjas salah satu pendukung caleg. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here