Mantan Tahanan Kambuh Nyolong Lagi, Aksinya Terekam CCTV Saat Ngembat Sepeda Motor

43
ilustrasi

Bojonggede | jurnaldepok.id
IR alias Ompong, seorang residivis ditangkap aparat Kepolisian Polsek Bojonggede atas kasus pencurian kendaraan roda dua.

Kapolsek Bojonggede, Kompol Robinson mengatakan, penangkapan pelaku berawal adanya laporan masyarakat terkait kasus pencurian kendaraan bermotor. Dimana, aksi pencurian pelaku terekam kamera pengawas CCTV.

“Pelaku mencoba menyatroni rumah warga dan akan mencuri motor. Pelapor sekaligus korban Bayu (25) warga Desa Bojonggede, sekitar pukul 02.00 WIB. Pencurian tersebut langsung dilaporkan ke Polsek Bojonggede dan langsung ditindak lanjuti penyelidikan,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, pelaku berhasil ditangkap saat akan beraksi kembali di kawasan Bojonggede. Berdasarkan hasil keterangan pelaku saat di BAP tim penyidik, ia sudah beraksi mencuri motor di empat TKP berbeda di wilayah Bojonggede.

“Sudah empat kali pengakuan pelaku mencuri motor di Bojonggede. Modus memaping lokasi yang menjadi sasaran tempat-tempat terpencil dan sulit mengambil motor dengan cara menggunakan kunci letter T,” katanya.

Dia menambahkan, motor hasil curian dijual putus per unit Rp 3,5 juta ke orang yang dikenal di pesisir pantai Kawarang, Jawa Barat.

“Uang hasil penjualan motor dipergunakan pelaku untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan buat beli susu anak yang masih balita,” tuturnya.

Sementara itu berdasarkan catatan kriminal pelaku, lanjut Robinson, pelaku pernah menjadi penghuni Lapas Bulak Kapal daerah Bekasi.

“Pelaku Ompong ini residivis kasus curanmor baru keluar dari Lapas Bulak Kapal Bekasi,” ungkapnya.

Dengan alasan sulit pekerjaan, pengakuan pelaku kembali beraksi lagi untuk dapat memenuhi hidup sehari-hari.

“Pelaku IR alis Ompong dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Pemberatan dengan ancaman 5 tahun penjara. Barang bukti kunci buat merusak berhasil disita dan rekan pelaku yang berhasil kabur berinisial NS alias Icong residivis juga masih dikejar,” jelasnya.

Terpisah, Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Arya Perdana mengatakan dalam pengungkapan kasus curanmor di wilayah khususnya Polsek Bojonggede patut diiapresiasi.

“Keberhasilan anggota tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang juga telah mau membantu, peduli, serta bekerjasama dalam menjaga lingkungan dari aksi curanmor,” tambahnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat dapat lebih peka dalam menjaga harta bendanya khususnya kendaraan motor untuk diparkir di tempat yang aman dan dikunci ganda.

“Setiap ada kesempatan aksi kejahatan dapat terjadi. Dengan begitu tingkatkan kewaspadaan di lingkungan,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here