IPM Depok Tembus 82,53 Persen, Camat Sawangan Intervensi Pengentasan Rumah Tidak Layak Huni

62
Camat Sawangan, Anwar Nasihin saat memberi sambutan di acara Musrenbang.

Laporan: Asti Ediawan
Wali Kota Depok, Mohammad Idris membuka gelaran Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sawangan tahun 2024 untuk realisasi anggaran tahun 2025.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memaparkan progres pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik pembangunan fasilitas umum maupun pembangunan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

“Sudah banyak keberhasilan yang dicapai Pemerintah Kota dalam beberapa tahun terakhir, ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Depok dalam melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan warga Depok, hal ini tercermin dari pencapaian indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Depok yang mencapai 82,53 persen ” papar Idris.

Sementara Camat Sawangan, Anwar Nasihin mengaku bersyukur atas sejumlah prestasi yang telah diraih Kecamatan Sawangan serta pencapaian serapan pembangunan pada tahun 2023 yang mencapai 95,25 persen.

“Pelaksanaan Musrenbang merupakan lanjutan dari rangkaian musyawarah yang telah dilaksanakan sebelumnya mulai dari rembuk warga dan Pra Musrenbang yang dilaksanakan di Kelurahan sampai mengerucut pada pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan, banyak usulan pembangunan yang diajukan pada Musrenbang tahun ini, mudah-mudahan semua bisa terealisasi pada tahun depan,” ujarnya.

Dikatakannya, selain melanjutkan pembenahan saluran air (Drainase), peningkatan jalan lingkungan, dan pengadaan penerangan jalan lingkungan (PJL) pihaknya juga akan mendorong usulan pembangunan tiga Kantor Kelurahan yakni Kelurahan Sawangan Baru, Kelurahan Pasir Putih dan Kelurahan Bedahan akan didorong di A4 untuk dicantolkan pada masing-masing OPD yang terkait dan perlu dicatat tahun ini ada realisasi pembangunan Kantor Kelurahan Kedaung yang merupakan realisasi dari usulan tahun lalu,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskannya sejumlah perbaikan sarana prasarana umum dan rumah tidak layak huni (RTLH) juga masuk dalam usulan Musrenbang Kecamatan tahun ini untuk realisasi tahun 2025.

Selain diikuti puluhan stakeholder perwakilan tujuh wilayah Kelurahan, pelaksanaan Musrenbang yang digelar di aula Kantor Kecamatan Sawangan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Dede Hidayat, para anggota DPRD Kota Depok dapil Sawangan, Bojongsari dan Cipayung, tokoh masyarakat, tokoh agama dan praktisi pendidikan, serta sejumlah unsur lainnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here