Berinovasi dalam Pendanaan Pembangunan Kompetitif, Pemprov Kasih Hadiah Rp 14 M untuk Depok

80
Sekda Kota Depok, Supian Suri (kanan) saat memberikan penghargaan dari Pemprov kepada OPD yang berprestasi.

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berhasil meraih dua penghargaan Inovasi Pendanaan Pembangunan Kompetitif (IP2K) dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) Tahun Anggaran 2024.

Penghargaan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri kepada sejumlah perangkat daerah (PD) saat apel pagi di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN), Senin (29/01/24).

Di antara penerima penghargaan yakni Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Penelitian Daerah (Bappeda), Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Depok.

Penghargaan IP2K yang diterima Pemkot Depok yaitu penghargaan Terbaik 2 tema Digitalisasi Ekonomi dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Kerja Berbasis Penempatan.

Program ini kolaborasi antara Bappeda dengan DKUM dan Disnaker dengan nilai bantuan keuangan kompetitif senilai Rp 2.356.363.000 dan Rp 2.719.600.000.

Serta Terbaik 3 dengan tema Pengembangan Sentra Pertanian serta Perikanan Berbasis Korporasi. Kolaborasi antara Bappeda dengan DKP3 dengan bantuan keuangan kompetitif senilai Rp 4.047.000.000 dan Rp 5.075.000.000.

“Saya ucapkan selamat kepada Perangkat Daerah dan dukungan semua pihak atas raihan apresiasi yang diberikan oleh Pemrov Jabar,” ujar Supian Suri, Sekretaris Daerah Kota Depok.

Pria yang akrab disapa SS, menambahkan, terpilihnya Kota Depok mendapatkan bantuan keuangan Pemprov Jabar melalui pengajuan proposal berbagai program kegiatan yang akan dijalankan oleh Pemkot Depok.

Dari lima program yang diajukan, empat programnya disetujui. Program yang disetujui di antaranya terkait pengembangan domestik perikanan dan pertanian hidroponik. Lalu, pelatihan ketenagakerjaan berbasis kompetensi, dan penguatan program Wirausaha Baru (WUB).

“Terkait pendanaan ini proposalnya sudah bagus, saya harap kita bisa buktikan tidak hanya bagus proposal tapi programnya bisa dilaksanakan dam diimplementasikan. Serta outputnya juga bisa dirasakan oleh masyarakat,” paparnya seperti dilansir dari berita.depok.go.id

Di tempat yang sama, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menambahkan, total bantuan keuangan dari Pemprov Jabar lebih dari Rp 14 miliar. Dana tersebut dapat langsung dipakai PD untuk menjalankan kegiatan tersebut.

“Tahun lalu juga dapat, tetapi Rp1,8 miliar untuk DKP3, bagi PD yang menerima bantuan ini segera dijalankan kegiatannya. Sebab ini akan langsung dimonitoring Pemprov Jabar,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here