Hindari Pemilih Lintas Wilayah, TPS 55 Cipayung Jaya Nyoblos Pemilu ‘Duluan’

88
Aktivitas simulasi pencoblosan pemilu di wilayah Cipayung Jaya.

Cipayung | jurnaldepok.id
Panitia Pemungutan Suara di TPS 55 RW 09 Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, melakukan pemilihan umum 2024. Warga yang sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) berbondong-bondong datang ke TPS 55 untuk memberikan hak suaranya.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian simulasi pencoblosan pemilu 2024.

Ketua KPU Kota Depok, Wili Sumarlin kepada wartawan mengatakan, simulasi ini melibatkan 277 DPT di TPS 55.

“Tujuannya untuk mengidentifikasi potensi kendala dan melakukan mitigasi dini proses pemungutan suara dan penghitungan suara. TPS 55 berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Bogor, jadi kami pilih di sini untuk memberikan pemahaman kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan antisipasi lintas pemilih,” ujarnya.

Dia mengatakan, dalam simulasi itu surat suara yang digunakan berisi siluet calon dan logo partai dalam bentuk buah.

Namun, kata dia, pemilih tetap menerima lima jenis surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

Wili menyebut, simulasi ini juga diharapkan berfungsi sebagai alat sosialisasi bagi masyarakat. Sehingga nantinya saat hari H pencoblosan 14 Februari 2024 akan lebih paham.

“Selain ke DPT, juga sosialisasikan kepada kaum disabilitas ada kertas suara huruf braille. Bagi masyarakat yang sakit bisa datang ke TPS didampingi keluarganya. Kami berharap dengan adanya simulasi ini juga partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 minimal sesuai target KPU pusat,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here