Lurah Termuda di Depok, Siap Gali Potensi UMKM di Wilayah Pangkalan Jati Baru

4560
Ayu Dwi Pratiwi

Cinere | jurnaldepok.id
Meski baru sebulan menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB), Kecamatan Cinere, namun tak membuat Ayu Dwi Pratiwi kesulitan untuk memetakan program kerja.

Pasalnya Ayu yang tercatat sebagai Lurah termuda di Kota Depok ini sebelumnya menjabat sebagai Sekel selama lebih kurang setahun di Kelurahan PJB sehingga sedikit banyaknya sudah mengenal karakteristik warga dan potensi sumber daya yang dapat dikembangkan diwilayah tersebut.

Saat ditemui Jurnal Depok diruang kerjanya, Ayu mengatakan akan melaksanakan dua program prioritas terkait pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

Dua program prioritas yang dimaksud adalah meningkatkan keguyuban antar elemen masyarakat dan menggali serta mengembangkan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai realisasi program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Pertama saya ingin membangun soliditas antar elemen masyarakat yang sejauh ini masih perlu ditingkatkan lagi, setelah itu kami ingin menggali dan mengembangkan potensi usaha masyarakat dalam kaitan program pemberdayaan masyarakat, untuk melaksanakan dua program prioritas itu kami tentu sangat membutuhkan peran serta dan kerjasama dari para tokoh, pimpinan lembaga non pemerintah dan seluruh stakeholder yang ada di wilayah Kelurahan Pangkalan Jati Baru,” papar Ayu Dwi Pratiwi.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk proses pelaksanaan program pembangunan, dalam waktu dekat tepatnya tanggal 23 Januari pihaknya akan melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024 untuk realisasi anggaran tahun 2025.

Terpisah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB), Kecamatan Cinere, Kiky Maruloh mengaku sangat mendukung program prioritas yang dicanangkan oleh Lurah.

“Sebagai pengurus lembaga pemberdayaan masyarakat, tentu kami sangat mengapresiasi dua program prioritas yang dicanangkan oleh Bu Lurah, kami berharap pada awal tahun ini program tersebut sudah mulai dilaksanakan dan kami siap mendukung pelaksanaan di tataran warga,” tegas Kiky Maruloh.

Pernyataan senada disampaikan oleh Sopyan salah satu tokoh muda Pangkalan Jati Baru.

Sopyan menilai program prioritas yang dicanangkan oleh Lurah sangat tepat dan diharapkan dapat memberi dampak positif bagi kemajuan warga Kelurahan Pangkalan Jati Baru.

“Itu program bagus dan kita harus dukung,” tutup Sopyan. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here