Kuku Tak Boleh Panjang, Petugas Pelipat Surat Suara Digeledah Setiap Keluar Masuk Gudang

70
Petugas keamanan saat menggeledah pelipat surat suara pemilu di gudang KPU Depok.

Cibinong | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mulai melakukan pensortiran kertas suara untuk pemilu 14 Februari mendatang. Pelipatan kertas surat suara dipusatkan di gudang KPU di Jalan Raya Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ketua KPU Kota Depok, Willi Sumarlin mengatakan, saat ini pihaknya sudah menerima logistik pemilu berupa surat suara DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten atau kota.

“Surat suara sementara kami sudah menerima empat seperti DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kab/kota. Untuk surat suara pilpres baru akan datang besok ke gudang,” ujarnya, Rabu (10/01/24).

Dalam pelipatan dan penyortiran surat suara, KPU Kota Depok melibatkan sebanyak 300 pekerja lepas yang berasal dari Depok dan sekitar gudang.

“Untuk penyortiran pertama ini kan kami ada dua shift. Yang pertama itu 150 orang, kedua juga 150 orang, jadi totalnya ada 300 orang,” jelasnya.

Dia menerangkan, jika pengerjaan dalam pelipatan dan sortir surat suara ini ditargetkan hingga satu minggu.

“Untuk targetnya itu dalam waktu tujuh hari pelipatan dan penyortirannya,” ucapnya.

Sementara para pekerja pelipat surat suara harus steril. Dimana saat hendak masuk ke gudang harus dicek untuk mengetahui apakah mereka terdaftar di Sipol atau tidak.

“Kalau tidak ada di Sipol baru boleh masuk, jadi tadi kami skrinning dahulu,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan cek body kepada para petugas, baik saat datang maupun pulang. Ponsel, makanan, minuman harus disimpan di tempat yang sudah disediakan.

“Bagi yang kukunya panjang, kami minta juga dipotong, karena rawan kena kertas bisa tergores atau membuat surat suara itu rusak. Kemudian bagi yang menggunakan cincin, jam tangan juga harus dilepas,” katanya.

Dia memerinci, pada hari pertama sortir dan lipat yang akan diproses jenis surat suara DPD dengan jumlah 1.423.760 lembar.

Willi menuturkan, para pekerja lepas yang dilibatkan ini juga harus mematuhi peraturan yang dibuat oleh KPU Kota Depok ketika berada di gudang. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here