Terancam Ambruk, Jembatan Tiga Putra Tunggu Perbaikan

31
Kondisi Jembatan Tiga Putra yang saat ini mengalami kerusakan.

Limo | jurnaldepok.id
Warga dan para pengguna jalan mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam hal ini Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk segera memperbaiki konstruksi Jembatan Tiga Putra yang membentang di atas Ki Gondang RT 03/04, Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo pasalnya kerusakan pondasi jembatan sudah sangat parah dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan.

“Lihat saja bagian bawah jembatan pondasinya sudah ambrol dan tanah penahan pondasi juga longsor, ini sangat berbahaya apalagi sekarang curah hujan sangat tinggi yang memicu peningkatan debit air dan akan memperparah kerusakan konstruksi jembatan, harusnya kondisi seperti ini diprioritaskan perbaikannya,” Mulyadi salah satu pengguna jalan.

Pernyataan senada dilontarkan oleh Joko Santoso salah satu pelaku usaha diwilayah Kelurahan Meruyung.

“Waktu itu sepertinya kerusakan pondasi jembatan ini sudah di survei oleh Dinas PU tapi enggak kelanjutannya gimana, apakah cuma disurvei saja ?,” celoteh Joko.

Saat dikonfirmasi Jurnal Depok, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Supian Derry membenarkan bahwa kerusakan pondasi jembatan Tiga Putra Kali Gondang sudah disurvei oleh Dinas PUPR, namun sampai sekarang lanjut dia dirinya belum mendapat kabar kapan kerusakan jembatan itu akan diperbaiki.

“Betul, beberapa bulan lalu sudah ada personel dari PUPR datang dan memeriksa kerusakan jembatan itu, tapi sampai sekaran belum ada info lagi kapan jembatan itu akan diperbaiki apakah jembatan itu akan diperbaiki tahun ini atau tidak,” tutur Supian.

Dia menambahkan, perbaikan jembatan tersebut sangat urgent mengingat aktivitas lalu lintas yang di atas jembatan itu sangat padat termasuk hilir mudik mobil truk berukuran besar pengangkut pasir dan bahan material bangunan.

“Memang sangat urgent karena aktivitas berkendaraan di ruas jalan itu sangat padat dan banyak mobil truk bertonase tinggi yang melintas di jembatan itu, makanya kami sejak awal sudah rewel minta kepada Dinas PUPR untuk segera melakukan perbaikan, tapi sampai sekarang belum jelas kapan kerusakan jembatan itu akan diperbaiki,” pungkasnya. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here