Alhamdulillah…Pemkot Depok Hapus Biaya Pemakaman, Disrumkim: Untuk Ringankan Keluarga Duka

405
Salah satu Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang dikelola oleh Pemkot Depok.

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) mulai 1 Januari 2024 menghapus seluruh biaya retribusi untuk Tempat Pemakaman Umum (TPU). Penghapusan ini berlaku untuk 13 TPU yang dikelola Pemkot Depok.

“Per 1 Januari 2024 pelayanan pemakaman umum pada Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Pemakaman Umum bebas biaya retribusi alias gratis,” ujar Muhamad Iksan, Kepala UPTD Pemakaman Umum.

Dikatakannya, retribusi pemakaman umum dihapuskan karena adanya aturan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Di mana segala hal yang menyangkut dengan biaya pelayanan dasar ke masyarakat harus dihapuskan, termasuk retribusi pemakaman umum.

“Kami mengacu pada undang-undang tersebut. Saat ini kami masih menunggu Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait hal itu, sedang dibuat. Namun dasar tersebut (undang-undang) tetap harus kami jalani,” paparnya.

Kendati bebas retribusi, lanjut Iksan, terdapat beberapa perlengkapan pemakaman yang tidak dianggarkan oleh Disrumkim Kota Depok. Seperti, papan nama/nisan, papan penutup makam yang terbuat dari kayu maupun bambu, tikar dan tenda jika diperlukan.

“Peralatan tersebut tidak kami anggarkan namun Insya Allah tersedia di TPU. Jika ingin digunakan ahli waris, kami arahkan untuk berkomunikasi langsung dengan petugas pemakaman,” jelasnya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan adanya penghapusan biaya retribusi itu bisa meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

“Pengurusan berkas pemakaman juga bisa diakses melalui aplikasi Sistem Informasi Pemakaman Umum (Simakmum) Kota Depok atau melalui web www.simakmum.com,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here