Sebulan Kampanye Berjalan, Panwascam Cinere Belum Temukan Pelanggaran

74
Ketua dan Anggota Panwascam saat menggelar expose pengawsan.

Cinere | jurnaldepok.id
Meskipun pada kegiatan pengawasan Kampanye tahap pertama belum ditemukan adanya pelanggaran, namun jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cinere menegaskan akan terus mengintensifkan pengawasan terhadap aktivitas para calon anggota legislatif (Caleg) dan jajaran pengurus partai politik guna memastikan proses pelaksanaan tahapan pemilu berjalan sesuai aturan.

Demikian diungkapkan Ketua Panwascam Kecamatan Cinere, Ahmad Jayadi saat menggelar Press Release di Kantor Sekretariat Panwascam Cinere, di Jalan Madura No. 207 Rw 11 Kelurahan / Kecamatan Cinere, Rabu (27/12).

“Dalam sebulan pertama pelaksanaan kampanye kami belum menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu baik dari unsur caleg maupun partai politik, namun meski demikian kami akan terus mengintensifkan pengawasan guna memastikan tidak ada caleg atau partai politik yang melabrak aturan main terutama saat melaksanakan kampanye,” papar Ahmad Jayadi dihadapan para wartawan.

Dikatakannya, sejauh ini sudah ada 57 surat tanda terima pemberitahuan (STTP) yang masuk di Panwascam Cinere namun dari jumlah tersebut hanya 49 STTP yang terlaksana sementara 8 STTP tidak melaksanakan kegiatan kampanye.

Dia menambahkan, pelaksanaan kampanye yang sangat kondusif di Cinere dikarenakan tingginya tingkat kesadaran para pihak peserta pemilu serta lancarnya komunikasi peserta pemilu dengan jajaran Panwascam terutama menyangkut rambu rambu yang harus dipatuhi dalam pelaksanaan pemilu.

“Kami melakukan komunikasi secara intens dengan para pihak peserta pemilu dalam kaita pelaksanaan pemilu sehingga semua peserta sudah sangat paham dengan segala peraturan yang harus dipatuhi saat melaksanakan kampanye, ini yang membuat pelaksanaan kampanye sangat kondusif dan berlangsung sesuai aturan main,” tandasnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Kota Depok, Sulistio dalam sambutannya menekankan pentingnya pelaporan kinerja Panwascam sebagai bahan evaluasi pelaksanaan tugas selanjutnya.

“Pelaksanaan kampanye baru terlaksana setengah waktu berjalan artinya masih ada separoh waktu yang biasanya lebih krusial terjadi pelanggaran, oleh sebab itu kami meminta kepada jajaran Panwascam untuk terus menggiatkan kinerja mengawasi segala aktivitas para peserta pemilu baik secara orang perorangan (Caleg) maupun pengurus partai agar tidak ada pelanggaran yang terjadi sampai pelaksanaan selesai,” tegas Sulistio saat didapuk membuka secara resmi kegiatan pelaporan tahapan kampanye pemilu 2024 wilayah tugas Panwascam Cinere.

Pada kesempatan itu, Sulistio juga mengimbau kepada masyarakat untuk proaktif melaporkan kepada Panwascam jika menemukan adanya indikasi pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh para pihak peserta pemilu.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu melaporkan kepada Panwascam jika menemukan pelanggaran pada masa pelaksanaan kampanye sebagai bagian dari tahapan pemilu, kami Bawaslu Kota Depok tentu sangat berharap partisipasi masyarakat untuk proaktif mengawasi jalannya proses demokrasi untuk mewujudkan pelaksanaan pemilu yang bersih, jujur dan adil,” pungkas Sulistio. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here