Warga Perumahan Bukit Sawangan Indah dan DKM Masjid Al Iman Gelar Khitanan Bersama

150
Panitia dan DKM Masjid Al Iman foto bersama dengan anak peserta khitan bersama.

Laporan: Rahmat Tarmuji
Warga Perumahan Bukit Sawangan Indah (BSI) dan DKM Masjid Al Iman, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, menggelar khitanan bersama yang diikuti oleh puluhan anak dari wilayah Jabodetabek.

Ketua Panitia Khitanan Bersama, Mudarman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang kini sudah memasuki angkatan ke 24.

“Untuk tahun ini peserta khitan mencapai 67 anak, jika digabungkan dengan angkatan sebelumnya, total yang sudah dikhitan oleh DKM Al Iman BSI mencapai 1.783 anak. Alhamdulillah semua berjalan lancar,” ujar Mudarman kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, khitanan bersama merupakan program DKM Masjid Al Iman untuk masyarakat luas.

“Makanya peserta khitan ini bukan hanya warga Bojongsari atau Sawangan saja, melainkan Jabodetabek. Kami sangat menghargai harkat dan martabat seluruh peserta dan keluarga yang mengikuti khitan bersama ini,” paparnya.

Dalam kegiatan itu, pihaknya menggandeng 10 tenaga medis yang berasal dari Kelinik Khitan Yasika, Ciganjur, Jakarta Selatan.

“Alhamdulillah mereka juga didampingi oleh dua dokter warga BSI. Kami menjamin pasca dikhitan ada tim observasi keluhan jika memang ada kendala terkait kesehatannya, namun yang sudah berjalan Alhamdulillah tidak ada masalah. Karena sebelum dikhitan, kami juga melakukan cek kesehatan bagi peserta khitan,” katanya.

Bagi peserta yang dikhitan, kata dia, mendapatkan baju koko, kain sarung, sandal dan peci serta uang saku masing-masing Rp 250 ribu.

Ia menjelaskan, dana untuk kegiatan tersebut dikumpulkan secara swadaya dari warga BSI dan donatur.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap anak-anak untuk melaksanakan kewajiban. Momen ini kami ambil sengaja di masa liburan sekolah,” jelasnya.

Ketua DKM Masjid Al Iman, Ustad Heri Hasan mengungkapkan, khitanan bersama bukan persoalan mampu atau tidak mampu, namun merupakan kewajiban seorang muslim untuk melakukan itu, terlebih menjelang akhil baligh.

“Dari itu kami fasilitasi dengan membentuk panitia sejak November lalu. Mudah-mudahan semua mendapat barokah dari kegiatan ini,” tukasnya.

Ketua RW 05 Duren Mekar, H Gesit menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga khususnya DKM Masjid Al Iman yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut.

Salah seorang warga, Nuryani yang mengantarkan anaknya untuk dikhitan yakni Ali Syaputra merasa bersyukur dengan adanya kegiatan khitan bersama.

“Kami merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, anak saya memang sudah minta dikhitan dari tahun lalu. Ini momennya pas saat liburan sekolah. Mudah-mudahan tahun depan bisa lebih banyak lagi yang dikhitan,” ungkapnya yang diamini oleh Rani warga Bintaro dan Nasir warga Inkopad, Kabupaten Bogor. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here