Dalami Kasus Kali Baru Penuh Busa, DLHK Terjunkan Tim ke Lokasi

64
Terlihat hamparan busa yang menutup Kali Baru.

Cimanggis | jurnaldepok.id
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mencari asal-usul limbah berbusa yang mencemari Kali Baru di Kecamatan Cimanggis.

Kepala DLHK Kota Depok, Abdul Rahman kepada wartawan mengatakan, investigasi diperlukan untuk mengetahui sumber limbah yang menyebabkan aliran sungai Kali Baru tertutup busa.

“Kemarin kami melakukan penelusuran ke badan jalan,” katanya.

Dalam investigasi, lanjutnya, ada dua tim yang melakukan penelusuran ke badan jalan sungai dan melakukan verifikasi kepada beberapa perusahaan.

“Tujuannya ingin mencari penyebab dari mana itu berasal, walaupun kemarin sekitar jam 9 pagi busa sudah tidak ada,” jelasnya.

Dia mengatakan, gumpalan busa di Kali Baru diduga akumulasi limbah deterjen. Tak hanya itu, hujan lebat menyebabkan debit air meningkat dan menimbulkan adukan yang besar sehingga busa deterjen menggumpal di permukaan.

“Dugaan sementara karena limbah lokal deterjen ya. Memang peralihan dari musim kemarau ke hujan ini, kan akumulasi dari limbah domestik,” katanya.

Limbah domestik itu, kata dia, paling banyaknya deterjen, kemudian aliran besar sehingga teraduk.

“DLHK sudah menerjunkan tim bersama aparat lingkungan setempat untuk mengecek langsung, tempat-tempat yang berpotensi mengalami kebocoran limbah,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here