Cegah Kenakalan Remaja, NU-Ansor Depok Bentengi Milenial Dengan Dzikir dan Sholawat

100
Suasana Ansor Bersholawat di Lapangan Kopelindo, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas.

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Ratusan masyarakat khusyuk mengikuti kegiatan Ansor Bersholawat yang diselenggarakan Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC-GP) Ansor Kota Depok.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Depok, KH Achmad Solechan mengatakan, NU menghidupkan dan menggerakkan anak milenial atau anak muda menyenangi dzikir dan sholawat.

“Membentengi anak muda dengan dzikir dan sholawat merupakan bagian dari strategi NU dari ancaman negatif di era globalisasi,” ujarnya seusai acara Ansor Bersholawat di Lapangan Kopelindo, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas.

Menurutnya, dengan membentengi rohani dengan dzikir dan sholawat akan terhindar dari arus buruk. Untuk itu, salah satu filter penjagaan diri melalui dizikir dan sholawat.

“Melalui Ansor Bersholawat dan terbentuknya Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Kota Depok membawa keberkahan bagi Kota Depok,” paparnya.

Sehingga, kata dia, Kota Depok dihindarkan dari penyakit masyarakat dan hal negatif seperti tawuran, perkelahian, kenakalan remaja dan lainnya.

“Kami optimalkam peran GP Ansor dengan terbentuknya MDS Rijalul Ansor sebagai wadah generasi milenial, anak muda mencintai sholawat. Bagian konsolidasi remaja mushola, remaja masjid, remaja majelis taklim sebagai bagian dari syiar. Mari bergabung bersama MDS yang langsung mendapatkan bimbingan dari NU dan Kiai yang secara sanad bersambung. Semoga memberikan banyak manfaat,” harapnya.

Menurutnya, momentum tersebut dapat meneledani Nabi Muhammad SAW dan sebagai wujud kecintaan umatnya yang suka sholawat. Dengan peringatan Maulid, lanjutnya, mendapatkan pancaran berkah sholawat, apalagi jelang maulid bangga dan bahagia menyambut kelahiran Rasulullah SAW.

“Insya Allah dengan sholawat remaja kita akan mendapatkankan pancaran nur, adem, ketenangan, tidak panas, tidak mudah terbakar, mudah terprovokasi, apalagi jelang Maulid tentu, masyarakat akan bagga dan bahagia menyambut hari kelahiran Rasulullah SAW. Mari kita sambut Maulid dengan penuh suka cita sebagai bagian dari tradisi yang mengakar di masyarakat,” ungkapnya.

Ketua PC GP Ansor Kota Depok, HM Kahfi mengungkapkan, rangkaian kegiatan Ansor Bersholawat berlangsung meriah.

Menurutbya, Ansor Depok Bersholawat bertujuan membumikan sholawat, menebar perdamaian kepada seluruh warga Kota Depok khususnya nahdliyin.

“Kami berharap jajaran Pengurus MDS Rijalul Ansor Kota Depok berkiprah sesuai dengan cita-cita dan tujuannya. Yaitu menghidupkan kembali tradisi-tradisi ke-NU-an, melalui shalawatan, tahlilan, istighotsah, peringatan hari besar Islam di Kota Depok, Dakwah Islam Aswaja An Nahdhliyah yang ke depannya dapat mengonsolidasi para Kiai muda NU dan Majelis-majelis yang ada di Kota Depok dalam rangka mempertahankan aqidah Aswaja dan menjaga NKRI,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here