Jumlah Pemilih Pemula di Depok Membengkak, KPU Massif Sosialisasi ke Sekolah-sekolah

109
Ketua KPU Depok saat berinteraksi dengan salah seorang siswa SMA Negeri 1 Depok di acara sosialisasi pemilu 2024.

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok massif melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula yang pada pemilu nanti jumlahnya membengkak.

Hal itu dikatakan langsung Ketua KPU Depok, Nana Shobarna saat menjadi pemateri dalam kegiatan Literasi Pendidikan Karakter Suara Demokrasi di SMA Negeri 1 Depok, Jalan Nusantara Raya No.317, Pancoran Mas, Depok.

Di hadapan 1.200an siswa, Nana memaparkan materi terkait urgensi pemilu, tahapan, jadwal serta tatacara menggunakan hak pilih bagi pemilih pemula dalam pelaksanaan Pemilihan Umum 14 Februari 2024 nanti.

“Alhamdulillah, para siswa sangat antusias dalam menyimak pemaparan dan memberikan pertanyaan kepada narasumber,” ujarnya, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Nana juga memaparkan tentang pelaksanaan pemilu, jadwal dan tahapan pemilu, tentang pemilih, peserta pemilu serta penyelenggara pemilu.

“Kami berpesan kepada mereka untuk menjadi pemilih yang cerdas dengan cara mengikuti selalu tahapan pemilu melalui medsos KPU Kota Depok, mempelajari visi, misi dan program yang ditawarkan oleh calon, mempelajari jejak rekam calon dan tolak hoaks, tolak politisasi sara serta tolak money politics,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan sosialisasi kepada pemilih pemula menjadi penting untuk dilakukan.

“Mengingat secara data, jumlah pemilih pemula di Kota Depok untuk pemilu 2024 cukup besar yakni di angka 177.179 atau 12,71% dari total DPT Kota Depok 1.393.282 pemilih,” jelasnya.

Tak lupa, Nana mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak sekolah yang telah berinisiasi menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Ia berharap, kedepan banyak pihak sekolah lain juga melakukan hal yang sama mencontoh apa yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Depok.

“Kami juga berterima kasih kepada rekan-rekan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pancoran Mas serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Depok Jaya yang sudah mendampingi,” katanya.

Dikatakannya, salah satu tugas berat penyelenggara pemilu adalah menghadapi tantangan untuk mempertahankan tingkat partisipasi pemilih.

Dijelaskannya, pada Pemilu 2019 tingkat partisipasi pemilih Kota Depok sudah berada di angka 83,20%.

“Karenanya kegiatan seperti ini menjadi penting untuk terus dilakukan. Kami berharap semoga dalam pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 nanti, tingkat partisipasi pemilih bisa kami pertahankan seperti pemilu sebelumnya. Syukur-syukur bisa lebih ditingkatkan lagi melampaui dan lebih tinggi dari pemilu sebelumnya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here