Innalillahi…Bocah Gandul Tenggelam di Waduk Brigif, Begini Kronologisnya

469
Tim SAR saat melakukan evakuasi seorang bocah yang tenggelam di Waduk Brigif.

Cinere | jurnaldepok.id
Warga Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, dikejutkan dengan kabar tenggelamnya Raffi Annas (12), warga Perumahan Herigete, Kelurahan Gandul, di Waduk Brigif yang berlokasi di Jalan Aselih RT 10/01, Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa sore (29/08/23) sekitar pukul 16.30 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun Jurnal Depok, peristiwa tenggelamnya Raffi bermula saat korban bersama adiknya serta tiga teman korban bermain di seputar waduk. Pada saat itu korban terjatuh dan terseret ke tengah danau dan tenggelam.

Saat itu juga adik dan teman korban meminta pertolongan warga sekitar dan warga langsung melakukan pencarian serta melaporkan kejadian kepada pihak Polsek dan unit Damkar untuk melakukan pencarian terhadap Raffi yang diketahui tenggelam di tengah waduk.

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Gandul, Kecamatan Cinere, Syafrudin membenarkan bahwa korban tenggelam di waduk Brigif merupakan warga Gandul.

“Ya betul, korban adalah warga Gandul, bernama Raffi Annas, umur 12 tahun, tinggal di Perumahan Herigete,” ujar Syafrudin, Rabu (30/08/23).

Dikatakannya, berdasarkan laporan dari petugas Binmas Gandul, pencarian terhadap korban telah dilakukan sejak sore hari sekira pukul 16. 45 WIB oleh Tim SAR dari Damkar, Polsek Jagakarsa, Satpol PP, Koramil Jagakarsa dan dibantu oleh warga sekitar.

“Korban baru berhasil ditemukan pada pukul 19. 50 WIB dan langsung dibawa ke RSUP Fatmawati,” paparnya.

Namun, kata dia, korban yang masih berstatus sebagai siswa kelas 5 SDN 03 Pondok Labu dinyatakan sudah meninggal dunia.

Dia menambahkan, meskipun korban merupakan warga Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, namun penanganan kasus tenggelamnya Raffi menjadi kewenangan aparatur wilayah Kecamatan Jagakarsa. Pasalnya lokasi kejadian berada di wilayah Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa.

Untuk menghindari terulangnya kejadian serupa, Syafrudin mengimbau kepada warga Kelurahan Gandul untuk meningkatkan pengawasan terhadap anak saat berada di luar rumah.

“Kita ambil hikmahnya, orang tua tidak boleh lengah dan harus lebih meningkatkan pengawasan kepada anak saat bermain di luar rumah,” ungkapnya.

Terpisah, Nasrullah, ayah Raffi mengaku sudah ikhlas terhadap musibah yang menimpa putranya, seraya berharap kedepan kejadian seperti ini tidak terulang lagi. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here