Peringati HUT ke 62, Sekda Depok Ajak Pramuka Terus Berkiprah & Bermanfaat Bagi Masyarakat

176
Ketua Kwarcab Pramuka Depok, Nina Suzana (kiri) beserta jajaran saat ziarah ke TMP Kalimulya, Cilodong.

Margonda | jurnaldepok.id
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menyampaikan sejumlah harapan pada Hari Pramuka ke-62 yang diperingati setiap 14 Agustus. Dirinya berharap, keberadaan Pramuka bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kami berharap substansi dari kegiatan Pramuka bukan hanya kegiatan semata, tetap bagimana kegiatan ini punya makna dan bisa dirasakan masyarakat Kota Depok,” ujar Supian usai menghadiri apel pagi di Halaman Balai Kota, Senin (14/08/23).

Pria yang akrab disapa SS itu menambahkan, substansi dari Pramuka harus ditanamkan sejak dini. Mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga perguruan tinggi.

“Jadi, ini yang harus ditanamkan sejak semasa sekolah. Kemudian, orang-orang yang selama ini aktif dalam Pramuka, kami harap makna dari Pramuka adalah bagaimana subtansi bisa dirasakan keberadaan Pramuka oleh masyarakat, baik dari sisi sosial, pembangunan dan kemasyarakatan,” paparnya.

SS menambahkan, selama ini Pramuka Kota Depok telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat. Salah satunya seperti ikut membantu penanganan gempa bumi di Kabupaten Cianjur beberapa waktu lalu.

“Kami harapkan kegiatan-kegiatan ini bisa terus dimaknai. Misalnya di masyarakat masih banyak Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pramuka bisa hadir di sana,” katanya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Sementara itu Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Depok, Nina Suzana menyebut, kegiatan Pramuka bertujuan membentuk karakter siswa. Sebab, latihan-latihan yang ada di gugus depan mengasah anggota Pramuka menjaga kekompakan, kerja sama, jiwa sosial dan kepedulian.

“Pramuka tetap arahnya ke pembangunan karakter anak-anak bangsa dan ini tidak masuk dalam kurikulum pendidikan. Pramuka sebagai sarana membentuk karakter siswa,” tandasnya.

Dikatakannya, Pramuka diharapkan memiliki budi pekerti yang luhur, sopan, santun, pantang menyerah berinovasi dan selalu mengamalkan Dasa Darma dan Tri Satya. Hal ini juga yang terus dipupuk dalam jiwa Pramuka.

“Peringatan Pramuka tahun ini merupakan bukti kebangkitan pasca pandemi dua tahun lalu. Tetap semangat untuk anggota di masing-masing ranting, pangkalan maupun gugus depan. Selamat Hari Pramuka ke-62. Banggalah menjadi anggota pramuka, jayalah Indonesia,” tegasnya.

Diketahui, sore kemarin (14/08/23) akan dilaksanakan Peringatan Hari Pramuka di Jambore Cibubur sekaligus pembukaan Raimuna Nasional oleh Presiden RI, Joko Widodo.
Untuk Puncak Hari Pramuka ke-62 Tingkat Kota Depok akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2023 di Alun-alun Kota Depok, yang akan diisi juga dengan acara donor darah. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here