Nah…Polisi Mulai Melarang Pengguna Sepeda Listrik Masuk ke Jalan Raya, Ini Alasannya

307
Inilah jalur khusus untuk sepad yang berada di Jalan Juanda, Depok.

Margonda | jurnaldepok.id
Warga yang memiliki sepeda listrik dilarang melintasi di jalan raya atau protokol lainnya di Kota Depok.

Wakasat Lantas Polres Metro Depok, Kompol Sugianto mengimbau masyarakat agar tak mengendarai sepeda listrik di jalan raya. Imbauan itu dikeluarkan untuk mencegah potensi kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

“Pasalnya, peristiwa kecelakaan lalu lintas yang dialami pengendara sepeda listrik ini mulai terjadi di sejumlah daerah,” ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya juga tak akan segan menegur bilamana ditemukan warga yang mengendarai sepeda listrik di jalan raya.

“Iya, saya sudah beritahu anggota bahwa sepeda listrik tidak boleh dikendarai di jalan raya, membahayakan pengendara lain,” katanya.

Dia mengatakan, penggunaan sepeda listrik sejatinya hanya boleh di jalan khusus.

“Larangan menyoal penggunaan sepeda listrik di jalan raya pun sudah ada dan tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 45 Tahun 2020, tentang kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik,” paparnya.

Bagi masyarakat yang tetap ingin menggunakan sepeda listrik, kata dia, wajib memperhatikan keamanan seperti dengan menggunakan helm dan tidak memacu kecepatannya melebihi 20 kilometer perjam.

“Pengendaranya juga minimal berumur 12 tahun dan dalam pengawasan orang tua. Ini akan jadi perhatian bagi anggota Satlantas untuk menjaga keamanan berkendara di jalan raya,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here