Bentuk Kesadaran Individu, Ratusan Siswa Citra Negara Diedukasi Cara Mengelola Sampah

149
Ratusan siswa SMP Citra Negara foto bersama usai mengikuti pelatihan pengelolaan sampah.

Beji | jurnaldepok.id
Siswa SMP Citra Negara di Kemiri Jaya, Kecamatan Beji, mendapatkan edukasi atau sosialisssi dari Tim Sosialisasi (Timsos) Reuse, Reduce, Recycle (3R) Kecamatan Beji.

Koordinator Unit Pengolahan Sampah (UPS) Jalan Jawa, Kelurahan Beji, Andriansyah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan dan mengedukasi siswa dalam pemilahan sampah, pengolahan limbah organik serta pembuatan pupuk dengan teknologi eco enzyme.

“Edukasi sejak dini dilakukan agar kesadaran masyarakat bisa tumbuh, dimulai dari sekolah maupun rumah tangga. Kami lakukan edukasi kepada siswa agar tumbuh kesadaran akan memilah dan memanfaatkan sampah. Kegiatan ini menjadi agenda rutin kami dalam menyambangi sekolah-sekolah,” ujarnya, kemarin.

Dalam kegiatan ini, dirinya menggandeng beberapa pihak terkait seperti Koordinator Bank Sampah, Tati Latifah juga Koordinator Kecamatan Beji, Wahyu Ramadhani untuk pemberian materi.

Adapun, materi yang disampaikan antara lain pengenalan jenis-jenis sampah, nilai ekonomis sampah, pengenalan bank sampah serta manfaat dan keuntungannya.

“Pemanfaatan sampah itu sendiri bisa dijadikan olahan limbah organik, untuk pembuatan pupuk salah satunya dengan teknologi eco enzyme. Ini juga yang kami edukasi. Dengan harapan, para siswa mampu memilah sampah dan memanfaatkannya sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” katanya.

Dengan pemanfaatan sampah yang masih bisa didaur ulang, lanjutnya, diharapkan juga bisa dijual untuk menambah nilai ekonomi. Selain juga mengedukasi agar membentuk siswa menjadi mandiri.

“Mudah-mudahan apa yang disampaikan bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari dan tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan kerjasama lanjutan,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here