Ujicoba SSA Jalan Nusantara Batal Dilakukan Ternyata Ini Alasannya, Warga Depokjaya Gembira

876
Spanduk penolakan SSA yang dipasang warga di Jalan Nusantara.

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Warga di Kelurahan Depokjaya, Kecamatan Pancoran Mas, menyambut gembira atas dibatalkannya rencana ujicoba Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Nusantara, Sabtu (05/08/23).

“Kami bersyukur ternyata aspirasi kami masih didengar, kami berharap bukan hanya dibatalkan ujicobanya tapi dicabut aturan yang melandasi aturan SSA ini,” kata Ketua RW 03 Depokjaya, Nuryadi Rahman.

Dia menambahkan, tidak hanya membatalkan semata, akan tetapi warga tetap menolak diberlakukannya SSA di Jalan Nusantara.

“Warga punya alasan kuat untuk menolak dan mencabut aturan SSA yang diberlakukan sejak tahun 2017. Kami sudah mengalami dan merasakan bagaimana kisruh dan semrawutnya kendaraan ketika diberlakukan SSA,” paparnya.

Dikatakannya, semua kendaraan yang menuju ke Nusantara dari sawangan, Pitara dan daerah lain yang berlawanan memasuki perumahan warga sehingga warga tidak nyaman untuk aktifitas di luar rumah.

“Bahkan ada warga RW 03 yang namanya Yutina tertabrak di lingkungannya sendiri hingga menyebabkan kematian. Dan murid-muri sekolah yang akan pulang sekolah sangat kesulitan untuk menyeberang jalan karena arus kendaraan yang begitu cepat,” ungkapnya.

Belum lagi, lanjutnya, kerugian pedagang yang ada di sekitar Jalan Nusantara yang mengalami kebangkrutan karena berkurangnya pembeli yang dikarenakan sulitnya untuk berhenti karena arus kendaraan yang begitu kencang

Pemerintah Kota, sambungnya, jangan hanya melihat dari satu sisi yaitu lancarnya arus kendaraan tanpa memperhatikan dampak dan kerugian yang dialami masyarakat sekitar Jalan Nusantara yang di berlakukan SSA.

“Kalau dilihat sekarang arus kendaraan di Jalan Nusantara yang diberlakukan dua arah relatif lancar setelah adanya Underpass Dewi Sartika,” tukasnya.

Sementara itu Pemerintah Kota Depok memutuskan menunda pelaksanaan ujicoba SSA di Jalan Nusantara yang semula dijadwalkan pada Sabtu, 5 Agustus 2023.

Dinas Perhubungan Kota Depok beralasan masih menunggu arahan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang meminta jadwal dimundurkan itu.

“Kami masih menunggu arahan lanjutan karena saat rapat finalisasi, Rabu lalu (BPTJ) meminta untuk diundur dulu,” jelas Kepala Bidang Keselamatan dan Ketertiban Dinas Perhubungan Kota Depok, Ari Manggala.

Ia mengungkapkan, penundaan ujicoba penerapan SSA di Jalan Nusantara karena BPTJ mendapat masukan dan aspirasi dari masyarakat di Kelurahan Depok Jaya, dari lingkungan RW 1 sampai 14, yang meminta dikaji kembali. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here