Hasil Survei Eksekutif Trust Indonesia, Warga Jabar Ngaku Puas Dengan Kinerja RK-Uu

83
Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal saat memaparkan hasil survei.

Margonda | jurnaldepok.id
Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal dalam pemaparannya mengatakan, survei yang digelar Trust Indonesia pada 1-10 Juli 2023 lalu, mayoritas penduduk Jawa Barat masih merasa puas dengan kinerja Gubernur Ridwan Kamil (RK) dan Wakil Gubenur Uu Ruzhanul Ulum.

“Tercatat, dalam survei yang melibatkan 800 responden tersebut, sebanyak 63,6 persen responden yang menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul. Tingkat kepuasan masyarakat Jawa Barat juga berlaku pada Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin,” ujarnya, kemarin.

Dimana, kata dia, sebanyak 59,6 persen responden di Jawa Barat menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Meski demikian, masih terdapat sejumlah persoalan pokok yang harus diselesaikan pemerintahan provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Ia mengatakan, sebanyak 43,0 persen responden menyebut harga kebutuhan pokok yang mahal menjadi persoalan paling utama yang terjadi di masyarakat. Dua masalah lainnya yang dinilai sebagai persoalan utama, antara lain kelangkaan minyak goreng (16,8 persen) dan kesulitan mencari lapangan pekerjaan (9,8 persen).

Tak ayal, sektor ekonomi dan UMKM menjadi sektor prioritas yang harus dibenahi. Dimana, sebanyak 41,0 persen responden meminta pemerintah Provinsi Jawa Barat memperbaiki kondisi ekonomi.

“Berikutnya, menurut responden, dua sektor prioritas yang harus dibenahi pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah pendidikan (15,7 persen) dan pertanian-pangan (11,8 persen). Harapan pembenahan tersebut juga berbanding lurus dengan persepsi atas penilaian anti korupsi pemerintahan Ridwan Kamil- Uu Ruzhanul,” katanya.

Berdasarkan hasil survei, hanya ada sekitar 65,2 persen yang percaya bahwa pemerintahan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul bersih dari indikasi perilaku koruptif. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here