Siap-siap Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara Bakal Diberlakukan Lagi, Catat Tanggalnya

5038
Inilah Jalan Nusantara yang nantinya akan diterapkan kembali Sistem Satu Arah.

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok dan BPTJ akan melakukan ujicoba pelaksanaan Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Pancoran Mas. Pelaksanaan ujicoba SSA akan dilaksanakan pada 5 hingga 11 Agustus 2023.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, pihaknya akan berkomunikasi dengan warga sekitar yang terkena dampak.

“Kami akan berdialog dengan warga dan akan melihat apa yang akan diinginkan warga,” ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan, penerapan ini sebagai upaya menciptakan aman dan kenyamanan di wilayah tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Zamrowi saat dikonfirmasi belum memberikan keterangan. Begitu juga Sekretaris Dinas Perhubungan,

Sebelumnya Dinas Perhubungan Kota Depok telah mengajukan penerapan Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok saat itu, Eko Herwiyanto mengungkapkan hasil evaluasi kinerja lalu lintas pasca-beroperasinya Underpass Dewi Sartika di Jalan Margonda Segmen I, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Dewi Sartika menunjukkan kinerja baik.

Sementara itu Camat Pancoran Mas, Zikri Dwi Darmawan saat melalukan dialog dengan warga menyatakan, sebaiknya untuk menunggu pelebaran jalan di Jembatan Sengon yang saat ini sedang dikerjakan oleh Pemkot Depok.

“Warga untuk bersabar dan tetap menahan agar tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,”katanya.

Dilansir dari berita.depok.go.id, Pelaksana Tugas (Plt) Kasat Lantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi (Kompol), Sugianto mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) bersama instansi terkait tengah mengadakan rapat membahas persiapan pemberlakukan kembali SSA di Jalan Nusantara.

“Tentunya sebelum diberlakukan pasti akan ada sosialisasi kepada warga di sekitar Jalan Nusantara, baik ke kelurahan, RT dan RW, termasuk ke sekolah-sekolah. Hal ini agar pemberlakuan SSA ini tidak terkesan dadakan,” terangnya, Kamis (27/07/23).

Sugianto menjelaskan, uji coba pemberlakukan kembali SSA di Jalan Nusantara ini dalam rangka menjamin terciptanya Kamsebtibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas). Dirinya meminta dukungan dari semua pihak agar uji coba nanti berjalan dengan lancar.

“Dulunya sebelum pembangunan Underpass Dewi Sartika di Jalan Nusantara ini sudah berlaku SSA dan nanti akan dikembalikan lagi menjadi satu arah. Mohon dukungan kepada semua pihak, nanti pada tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023 akan diuji coba pemberlakuan SSA tersebut,” tutupnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here