Pasca Kebakaran Pelayanan Rumah Sakit Hermina Depok Kembali Normal

84
Tampak depan RS Hermina Depok.

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Pelayanan Rumah Sakit Hermina pada, Senin (24/7) kembali normal pasca terjadinya kebakaran, Sabtu (22/07/23) malam.

Direktur Utama RS Hermina, Lies Nugrohowati mengatakan, kini layanan medis kembali dapat berjalan normal.

“Pasien rawat inap dan rawat jalan dalam kondisi aman dan terlayani. Pasien rawat inap serta pasien perawatan intensif seperti ICU, PICU, NICU telah dievakuasi ke IGD,” ujarnya.

Sampai saat ini, kata dia, pasien rawat inap dan rawat jalan di RS Hermina Depok dalam kondisi aman dan terlayani dengan baik.

“Dalam upaya untuk memastikan keselamatan pasien, pasien rawat inap serta pasien perawatan intensif seperti ICU, PICU, NICU telah dievakuasi ke IGD yang memiliki peralatan medis lengkap,” paparnya.

Petugas medis, lanjutnya, telah kembali ke ruangan rawat inap. Layanan medis pun kembali berjalan normal.

“Pasien didampingi petugas medis telah kembali ke ruangan rawat inap dengan layanan medis yang berjalan kembali normal. Tenaga medis dan nonmedis mengawal dan memastikan penanganan pasien berjalan lancar dari proses evakuasi hingga kembali ke ruang perawatan,” jelasnya.

Lies mengatakan, penyebab kebakaran muncul dari pantri atau dapur RS karena memasak.

“Kami punya manajemen risiko, kebakaran itu bisa terjadi, apalagi di area pantri. Nah di sini adalah ya memang di situ terjadi, tapi kami fokus terhadap penanganan karena kami selalu dilatih bagaimana kalau terjadi kebakaran,” katanya.

Lies menyebutkan, pihaknya melakukan penanganan awal dengan mengaktifkan kode merah dan mengaktifkan semua hydrant pada sumber titik api.

Kemudian, pihaknya menelepon pemadam kebakaran (damkar) hingga evakuasi dan lokasi dinyatakan aman.

“Yang dilakukan begini-begini, nah itu yang sudah kami lakukan tadi bahwa seluruh tim langsung bergerak mengaktifkan kode merah,” ungkapnya.

Kemudian, sambungnya, semua terpusat di situ mengaktifkan semua alat untuk pemadam api sampai hydrant, kemudian telepon damkar, itu semua sudah dilakukan dengan baik dan evakuasi sampai semua dinyatakan aman. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here