Jumlah Santri Meningkat Setiap Tahun, Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Makin Diminati

76
Terlihat beberapa santri saat berjalan di area ponpes.

Bojongsari | jurnaldepok.id
Lembaga pendidikan Islam dengan menggunakan sistem asrama atau yang lazim disebut Pondok Pesantren kini semakin diminati oleh masyarakat, pasalnya selain memiliki keunggulan dalam pembelajaran Agama Islam, para santri Pondok Pesantren juga mendapatkan pelajaran pendidikan umum sesuai kurikulum yang berlaku sehingga tidak akan mengalami kendala saat kelak ingin melanjutkan pendidikan di lembaga pendidikan umum.

Peningkatan antusias masyarakat terhadap Pondok Pesantren dapat dilihat dari kecenderungan meningkatnya jumlah peserta didik baru (Santri) baru pada sejumlah Pondok Pesantren termasuk di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an yang mampu merekrut 300 santri baru pada penerimaan Santri Baru tahun pelajaran 2023 – 2024.

Kepada Jurnal Depok, salah satu tenaga pengajar sekaligus tim media Ponpes Putra Ulumul Qur’an, Dimas Angga mengatakan pada penerimaan santri baru tahun pelajaran 2023 – 2024 Ponpes Ulumul Qur’an telah menerima sebanyak 300 santri baru yang akan dikelompokkan menjadi 10 rombongan belajar (kelas).

“Alhamdulillah tahun ini jumlah penerimaan santri baru cukup banyak mencapai 300 santri, sedangkan jumlah santri secara keseluruhan di Ponpes Putra Ulumul Qur’an mencapai lebih dari 1.200 santri,” ungkap Dimas Angga.

Terpisah, salah satu wali santri baru, Abdul Karim mengaku merasa lebih nyaman memasukkan putra nya menimba ilmu di Pondok Pesantren ketimbang di sekolah umum.

“Banyak pertimbangan saya memilih memasukkan anak saya di Pondok Pesantren, karena selain pelajaran Agama nya lebih unggul, di Pondok Pesantren para santri juga diberikan pelajaran umum dan yang paling jelas, anak saya relatif memiliki waktu lebih banyak untuk belajar ketimbang bermain,” ujar Abdul Karim kepada Jurnal Depok saat menghantar putra sulungnya masuk Pondok Pesantren yang berdiri pada tahun 1992 dan kini dipimpinan oleh KH. Jamaludin.

Ia merasa lebih nyaman dan aman kalau anaknya masuk Pondok Pesantren, apalagi di jaman sekarang ini banyak sekali anak-anak usia sekolah yang kerap melakukan tawuran saat pulang sekolah.

“Makanya saya lebih memilih Pondok Pesantren sebagai tempat bagi anak saya untuk menimba ilmu baik ilmu pendidikan Agama maupun ilmu pendidikan umum sekarang semua ada di Pondok Pesantren, apalagi di Pondok Pesantren Ulumul Qur’an ini fasilitas belajar dan olah raga lengkap dan disisi lain biaya pendidikan dan mondok sangat terjangkau,” pungkasnya. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here