Ini Makna Passapu Yang Dikenakan Wali Kota Depok Diajang Rakernas Apeksi Makassar

109
Wali Kota Depok saat disambut Ketua Apeksi di Rakernas Makassar.

Laporan: Rahmat Tarmuji
Wali Kota Depok, Mohammad Idris menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) XVI, di UpperHills Convention Hall, Makassar Rabu (12/07/23).

Idris tiba di Upperhills Convention Hall sekitar pukul 08.30 WIT. Delegasi Pemerintah Kota Depok langsung disambut Ketua APEKSI, Bima Arya dan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Dalam kesempatan itu Idris mengenakan seragam batik lengan panjang khas Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan Ikat Kepala atau Passapu berwarna merah terpasang di kepala bersama puluhan Wali Kota se-Indonesia.

“Informasinya ikat kepala ini ada filosofinya, biasanya dipakai saat acara-acara besar bagi orang-orang yang dihormati oleh warga sekitar,” ujarnya, kemarin.

Dikatakannya, ada dua jenis ikatan Passapu (topi) di sebelah kanan dan kiri, dan yang dikenakan dirinya berada di sebelah kanan.

“Kalau bapak ada di kanan, berarti itu sudah menikah, dan yang sebelah kiri itu belum menikah,” ungkap Idris seperti dilansir berita.depok.go.id.

Pada acara tersebut Idris didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Mohammad Fitriawan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda), Dadang Wihana; Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Mangnguluang Mansur; Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin), Dudi Mi’raz, serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerja Sama Sekretariat Daerah, Utang Wardaya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here