Sering Meluap ke Jalan, Turap Menuju SMAN 5 Depok Yang Jebol Butuh Perbaikan Lanjutan

140
Terlihat turap menuju akses SMA 5 Depok yang ambrol.

Sawangan | jurnaldepok.id
Meskipun sudah bertahun tahun jebol, namun hingga saat ini turap kali Caringin disisi ruas jalan menuju lokasi Gedung SMAN 5 diwilayah RW 13, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, belum juga diperbaiki.

Salah satu petugas Security SMAN 5, Ahmad Yusuf mengatakan, jebolnya turap pembatas badan kali dengan bidang jalan menuju lokasi gedung sekolah sudah terjadi sejak beberapa tahun silam, hanya saja lanjut dia baru sebagian turap yang diperbaiki tepatnya turap yang berada di bagian hulu sementara turap di bagaian hilir yang sangat berdekatan dengan bidang jalan sampai sekarang belum diperbaiki dan kerap menyebabkan bidang jalan dipenuhi lumpur.

“Turap yang longsor di bagia hulu sudah diperbaiki padahal menurut kami lebih penting mendahulukan perbaikan turap di bagian hilir karena titik longsor turap berada sangat dekat dengan bidang jalan, dan perlu dicatat jika debit air meninggi, maka air akan tumpah ke bidang jalan dan menyisakan material sampah dan lumpur, itu sangat menghambat aktivitas transportasi menuju kawasan sekolah,” ungkap Yusuf kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dia menambahkan, pihak nya telah berupaya menanggulangi luapan air dengan menempatkan karung berisi pasir di sisi ruas jalan yang turap nya ambrol namun upaya itu kurang epektif untuk menanggulangi luapan air saat debit air meningkat.

“Kami sudah berupaya menutup titik longsor dengan tumpukan karung berisi pasir, tapi air tetap saja nyeplos dan nyelonong ke bidang jalan, untuk lebih epektif nya memang harus ada perbaikan turap yang longsor, kami berharap dalam waktu dekat akan ada perbaikan oleh Dinas terkait,” tutur Ahmad Yusuf.

Harapan senada disampaikan oleh Trigoyo salah satu driver ojek online yang kerap mangkal di sejajar aliran Kali Caringin dekat Gedung SMAN 5.

“Waktu turap nya masih bagus dan belum ada longsor, saya suka beristirahat di pinggir kali dekat Gedung SMAN 5 di kawasan perumahan Rivaria, Sawangan sambil melihat warga memancing ikan, tapi sekarang saya sudah males nongkrong disana karena turap nya banyak yang jebol dan tidak enak lagi dijadikan tempat beristirahat, kalau ditanya harapan ya tentu saya sangat berharap agar turap itu segera diperbaiki agar air kali tidak luber ke bidang jalan pinta Trigoyo.

Irma, salah satu pengguna jalan meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk memperhatikan perbaikan fasilitas turap disejumlah kali agar tidak memicu terjadinya genangan air pada areal di seputar kawasan kali.

“Sebenarnya enggak memerlukan terlalu besar biaya kalau sekedar memperbaiki titik turap yang jebol seperti ini, tapi anehnya kok sampai bertahun tahun turap yang jebol tak diperbaiki, padahal dampak dari jebol nya turap ini sangat mengganggu kenyamanan aktivitas transportasi, tolong dong kepada Pemerintah agar cepat tanggap dan enggak harus menunggu semua turap jebol,” celoteh Irma. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here