Operasi Patuh Jaya Terjunkan 2.938 Personel, Ini Sasaran Pelanggaran Yang akan Ditindak

189
Petugas kepolisian saat melakukan tilang dalam razia kendaraan beberapa waktu lalu

Margonda | jurnaldepok.id
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan mulai menggelar Operasi Patuh Jaya 2023 dengan target sejumlah pelanggaran.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, ada 2.938 personel gabungan yang terjun langsung.

Dia menambahkan, operasi Patuh Jaya digelar guna meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Secara keseluruhan gabungan semuanya 2.938 personel. Meningkatkan kepatuhan dalam berlalu lintas untuk keamanan keselamatan ketertiban lalu lintas,” ujarnya.

Yaitu, kata dia, pengemudi melawan arus, berkendara dibawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI.

“Sopir yang tidak menggunakan sabuk saat berkendara, melebihi batas kecepatan, hingga berkendara di bawah umur atau tidak memiliki SIM,” paparnya.

Kemudian, lanjutnya, sepeda motor yang berboncengan melebihi ketentuan, kendaraan tidak layak jalan, kendaraan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar, hingga kendaraan yang tidak dilengkapi STNK juga menjadi sasaran.

Selain itu, petugas juga akan menindak pengendara yang melanggar marka atau bahu jalan.

“Kendaraan yang memasang rotator atau sirine, hingga kendaraan yang menggunakan pelat RFS atau RFP yang tidak sesuai peruntukannya,” tegasnya.

Dia meminta masyarakat untuk menaati segala aturan lalu lintas. Dengan begitu, pengendara menjaga keselamatan diri sendiri dan pengendara lain. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here