Sasar Penderita Stunting & Warga Tak Mampu, BAZNAS Kota Depok Salurkan Ribuan Paket Daging Qurban

181
Petugas Baznas Kota Depok saat menyalurkan bantuan daging kurban ke warga.

Beji | jurnaldepok.id
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Depok menyalurkan ribuan paket daging kurban ke 11 kecamatan di Kota Depo,

“Ini dalam rangka merayakan hari raya Iedul Adha 1444 Hijriah sekaligus sebagai wujud syiar dan keberpihakan Baznas Depok kepada masyarakat,” ujar Endang Ahmad Yani, Ketua Baznas Kota Depok, Kamis (29/06/23).

Ia menambahkan, gerakan berkurban menjadi salah satu bentuk kepedulian Baznas Depok kepada masyarakat kurang mampu dan warga yang terkenan musibah stunting.

“Agar penyaluran hewan kurban tepat sasaran, Baznas Depok bekerjasama dengan pihak kelurahan dan puskesmas, sekaligus dalam pelaksanaannya didampingi oleh kordinator tim kesehatan dari puskesmas,” paparnya.

Dalam kesempatan itu Endang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang sudah mensukseskan program itu, baik para ASN Kota Depok, Bank BSI Cabang Margonda, Bank BJB Syariah, Kampus Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI, Ormas Salimah dan kepada masyarakat Kota Depok yang sudah memberikan kepercayaan dengan cara menitipkan hewan qurbannya untuk dibagikan kepada masyarakat.

Menurutnya, penyaluran hewan qurban 1444 Hijriah ini selain dalam bentuk daging juga berbentuk pendamping qurban yaitu berupa minyak goreng sebanyak 1 liter, susu UHT 1 liter dan kecap.

“Harapannya bisa membantu masyarakat yang lebih optimal dan menambah sehat. Melalui ibadah qurban ini mengajarkan kita tentang cara ikhlas dan rela berkorban demi mendapat rida Allah SWT,” jelasnya.

Hal itu, kata dia, sama seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim pada Ismail, meski pada awalnya berat tetapi beliau ikhlas mengikuti semua arahan Allah SWT, sekaligus menjadi sebuah kebiaasan positif yaitu senang memberi dan berbagi kebahagiaan kepada fakir miskin dan kaum dhuafa, sehingga Allah SWT mencintai umatnya.

“Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi dan Ibnu Majah, ‘Tidaklah anak Adam melakukan sesuatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirnya darah (kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya’,” ungkapnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here