Dibentuk Lagi, Pokdarwis Situ Sawangan Diminta Jaga Kelestarian & Kembangkan Potensi Wisata

184
Suasana pembentukan Pokdarwis Situ Sawangan di ruang Kantor Lurah Sawangan

Sawangan | jurnaldepok.id
Sejak vakum beberapa tahun lalu, kini Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Sawangan sudah terbentuk kembali.

Sekretaris Camat Sawangan, Nur Abdullah mengatakan, formatur Pokdarwis Situ Sawangan telah dibentuk untuk selanjutnya dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

“Alhamdulillah, nanti ketua tinggal melengkapi strukturnya seperti sekretaris, bendahara dan seksi-seksi. Kami berharap pengurus yang baru ini dapat meningkatkan promosi Situ Sawangan agar semakin dikenal masyarakat luas,” ujarnya kepada Jurnal Depok, Selasa (13/06/23).

Pria yang akrab disapa Jabon itu menambahkan, Pokdarwis kedepan harus mampu merawat dan menjaga eksistensi dan ekosistem yang ada di Situ Sawangan.

Tak hanya itu, Jabon juga berharap dengan telah terbentuknya kembali Pokdarwis mampu mendongkrak penghasilan UMKM yang berjualan di Situ Sawangan.

“Sementara untuk biaya perawatan dan operasional dari swadaya masyarakat. Mudah-mudahan kedepan ada dana operasional dan penataan situ dari pemerintah pusat,” katanya.

Lurah Sawangan, Dedeh Ruyatna merasa bersyukur dengan dibentuknya kembali Pokdarwis Situ Sawangan.

“Alhamdulillah Pokdarwis kini diketuai oleh Pak Abdul Halim. Memang banyak PR yang harus dikerjakan oleh Pokdarwis seperti pengembangan SDM, pengelolaan kelompok wisata dan meningkatkan pengetahuan Pokdarwis dalam mengelola wisata,” tandasnya.

Tak hanya itu, kata dia, Pokdarwis juga harus bisa mengkampanyekan sadar wisata dan sapta pesona yang meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan.

Sementara itu Ketua LPM Kelurahan Sawangan, Indra Jaya berharap, dengan dibentuknya Pokdarwis Situ Sawangan akan berdampak positif terhadap warga Sawangan.

“Yang terpenting keberadaan situ dapat terjaga dan terawat serta mampu mendongkrak perekonomian warga Sawangan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here