Aktivitas TPS Liar Limo Makin Ngeyel, DLHK Diminta Pasang Portal

1543
Terlihat mobil pengangkut sampah yang akan membuang sampah ke TPS liar Limo

Limo | jurnaldepok.id
Upaya Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dalam menindak aktivitas pembuangan sampah di kawasan kampung Lebong RT 02/05, Kelurahan dinilai belum optimal.

Pasalnya, hingga saat ini kegiatan pembuangan sampah masih saja terjadi dan membuat tumpukan sampah dekat lapangan sepak bola Pemuda Limo semakin menggunung bahkan tumpah hingga kawah anak kali Pesanggrahan.

Sarojih, salah satu warga sekitar TPS mengaku sangat menyambut baik upaya Pemerintah Kota (Pemkot) dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) yang telah merespon keluhan warga sekitar terkait pencemaran lingkungan yang ditimbulkan dari aktivitas pembuangan sampah secara ilegal dikawasan Kampung Lebong, namun lanjut dia upaya penindakan dengan memasang segel plastik di sejumlah titik tempat pembuangan sampah sama sekali tidak memberikan dampak terhadap pengurangan pembuangan sampah lantaran akses masuk menuju kawasan TPS tidak ditutup.

“Sejak awal kami sudah meminta agar akses jalan menuju kawasan dipasang portal untuk kendaraan roda empat karena hanya tindakan itu yang bisa menghentikan kegiatan pembuangan sampah di Lebong tapi sayangnya tindakan itu belum dilakukan sehingga aksi pembuangan sampah masih terjadi terutama pada malam hari,” papar Ojih sapaan akrab Sarojih.

Harapan senada disampaikan oleh Adi Suhadi salah satu pembudidaya ikan air tawar disekitar lokasi TPS.

“Aktivitas pembuangan sampah di kampung kami tidak hanya menjafi pemicu pencemaran lingkungan namun juga merugikan kami para pembudidaya ikan karena aliran air yang biasa kami gunakan untuk mengairi empang ikan kini sudah tercemar sampah dan membuat ikan kami banyak yang mati, untuk itu kami sangat berharap kepada Pemerintah agar melakukan tindakan tegas terhadap aktivitas pembuangan sampah yang masih berlangsung hingga sekarang,” ujar Adi Suhadi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Terpisah, Komandan Regu Bantuan Kendali Operasi (BKO) Satpol PP untuk wilayah Kecamatan Limo, Tuhanto mengaku siap melakukan tindak lanjut penertiban terhadap aktivitas pembuangan sampah termasuk pemasangan portal permanen di pintu masuk menuju TPS Lebong apabila sudah ada rekomendasi dari DLHK.

“Kami telah melakukan penyegelan terhadap lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) di Lebong tapi memang tindakan penyegelan dengan memasang pita plastik masih bisa dilanggar oleh para pihak yang melakukan aktivitas disana dan kami tidak bisa mengawasi selam 24 jam sehingga mungkin celah itu yang dijadikan kesempatan para pembuang sampah untuk melakukan kegiatan pembuangan sampah disana, jadi intinya memang harus ada progres penindakan,” tutup Anto sapaan Tuhanto. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here