Bacaleg 2024 Didominasi Wajah Lama, Hanya Partai Garuda Yang Tak Ada Calegnya di Depok

440
Ketua KPU didampingi Bawaslu saat menerima berkas pencalegan PPP

Margonda | jurnaldepok.id
Sekitar 850 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Kota Depok didominasi wajah-wajah lama. Hal itu terkuak saat mereka mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok di Jalan Margonda, Kecamatan Beji.

Seperti dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang pertama kali mendaftar ke KPU masih didominasi wajah lama.

Bacaleg seperti Farida Rachmayanti, Tengku Muhammad Yusufsyah, Mohammad Nasir, Imam Musanto, Mohamad Hafid, Ade Firmasnyah, Khairullah dan nama lainnya.

Sementara dari Partai Gerindra ada Hamzah, Rezky M Noor, Mohammad HB, Yeti Wulandari, Masturo, Ahmad Rifai dan Priyanti, Rienova.

Dari PDI Perjuangan ada nama Hendrik Tangke Allo, Imam Turdi, Hermanto, Franciscus Samosir, Indah Ariani Veronica Wiwin, Ikravani Rudi Kurniawan.

Sementara dari Partai Golkar ada Supriatni, Tajudin Tabri, Juanah Sarmili, Nurhasim dan nama lainnya.

Dari PAN, Nurhasan, Azhari, Igun Sumarno, Lahmudin Abdullah. Wajah lama lainnya, Tati Rachmawati, Hamid dan Babai Suhaimi dari PKB.

Sementara dari Partai Demokrat ada Edi Sitorus, Endah Winarti dan Mochamad Taufik. PPP ada Mazhab HM dan Hj Qonita Lutfiyah serta dari PSI ada Oparis Simanjuntak

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Depok, Fikri Tamau mengatakan, KPU Kota Depok mencatat bakal calon legislatif (Bacaleg) yang telah mendaftar ke KPU Kota Depok terdiri dari 17 partai politik (parpol).

“Ada 850 bacaleg dari 17 parpol yang sudah mendaftar di KPU Depok,” katanya.

Dia menerangkan, masing-masing parpol mengajukan 50 bacaleg terbaiknya. Dari 17 parpol, masing-masing mendaftarkan 50 bacaleg. Sehingga total ada 850 bacaleg yang terdaftar.

Dirinya menjelaskan dari 18 partai yang ada, hanya satu partai yang tidak mendaftarkan bacalegnya.

“Ada satu partai, yakni Partai Garuda yang tidak mendaftarkan bacalegnya,” katanya.

Fikri menyebut bahwa sebelumnya memang pihak Partai Garuda telah melakukan komunikasi terkait ketidak hadirannya ke KPU untuk mendaftarkan bacaleg.

Saat jelang penutupan pendaftaran sekitar sore hari, Partai Garuda menyampaikan melalui pesan WhatsApp kepada sekretariat KPU, bahwa mereka tidak mengajukan bacaleg untuk Kota Depok tanpa keterangan apapun.

Dia menjelaskan, tahapan pendaftaran bacaleg untuk DPRD Provinsi Jawa Barat dan bakal calon DPD RI berlangsung sejak 1 hingga 14 Mei 2023. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here