Liga 1 dan 2 Resmi Bergulir, Pemkot Depok Fasilitasi Pemuda di Arena Olah Raga

375
Wali Kota didampingi Sekda Depok saat menyerahkan bola kepada wasit bentuk dimulainya gelaran Liga 1 dan 2

Laporan: Aji Hendro
Pemerintah Kota Depok berkewajiban memfasilitasi para anak muda untuk mengembangkan bakat mereka di bidang olahraga salah satunya menggelar Liga 1 dan 2.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan itu saat membuka kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Askot PSSI Kota Depok 2023 di Stadion Merpati, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Menurut Idris, pemerintah bertugas memfasilitasi para anak muda untuk mengembangkan bakat mereka dibidang olah raga. Salah satunya dengan merevitalisasi empat lapangan sepakbola di tahun kemarin, tiga lapangan sepakbola di tahun ini dan empat lapangan sepak bola tahun mendatang.

“Tahun kemarin kami sudah menyelesaikan empat fasilitas lapangan bola di empat kecamatan,” ujarnya.

Empat lapangan yang direvitalisasi tahun 2022 di antaranya, Lapangan Cipayung, Lapangan PSP Sawangan, Lapangan Pusaka Bojongsari dan Lapangan Godam Pancoran Mas.

“Selanjutnya tahun ini kami revitalisasi tiga kecamatan, di Lapangan Kukusan, Lapangan Pemuda, dan Lapangan Irekap. Tahun depan rencananya empat lapangan, yang sudah tercatat tiga tempat, salah satunya Lapangan di Tapos,” paparnya.

Pemerintah Kota Depok, kata dia, berkomitmen terus membangun fasilitas-fasilitas olah raga untuk masyarakat.

“Karena perhatian kami fokus kepada anak-anak muda untuk fasilitas pembangunan di Kota Depok, sebab 71 persen warga Depok dipenuhi anak-anak muda usia produktif, yakni usia 20-59 tahun sesuai dengan hitungan dari PBB,” katanya.

Dia menambahkan, prosentase 71 persen tersebut dari total penduduk Kota Depok yang berjumlah sekitar 2,1 juta orang.

“Maka ini yang harus kami banggakan, karena ini potensi yang luar biasa,” jelasnya.

Dia berharap kompetisi Liga 1 dan 2 dapat menjadi ajang pembinaan bagi para pemain sepakbola Kota Depok, guna meningkatkan keterampilan dan teknis yang dimiliki mereka.

“Kami ingin Askot lebih meningkatkan lagi, khususnya pemain-pemain profesional yang sudah di klub-klub, sehingga mereka bisa masuk ke peringkat yang lebih tinggi lagi. Tapi kalau pemain profesional ini nanti perusahaan, kalau di Pemerintah Kota nanti memfasilitasi untuk acara-acara pembinaan seperti ini,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Kota Depok, Meiyadi Rakasiwi menambahkan, Liga 1 dan Liga 2 Askot PSSI Kota Depok 2023 diadakan mulai dari 14 Mei hingga 25 Juli 2023.

“Total ada 44 tim yang ambil bagian. Di Liga 1 ada 18 tim dan Liga 2 ada 26 tim. Liga 1 dibagi menjadi empat grup dan Liga 2 delapan grup. Dengan jumlah total 84 pertandingan,” tandasnya.

Ia menambahkan, mereka akan tampil di lima stadion dan lapangan sepak bola di Kota Depok, antara lain untuk fase penyisihan Stadion Mahakam, Stadion Sukatani, Lapangan PSP Sawangan dan Lapangan Cipayung.

“Lalu, untuk pembukaan, perempat final dan final digelar di Stadion Merpati, Depok Jaya, Kecamatan Panmas. Semoga dengan kompetisi yang dijalankan anggota Askot PSSI Depok mampu berproses dan menghasilkan pemain-pemain yang nantinya bisa berprestasi,” pungkasnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here