900 Bacaleg Resmi Daftar ke KPU untuk Memperebutkan 50 Kursi DPRD, Ini Pesan Wali Kota

310
Wali Kota dan Sekda Kota Depok tampil mesra di rangkaian Lebaran Depok dengan duet bareng menyanyikan lagu Sahabat karya Rhoma Irama

Bojongsari | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama para bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) dan pendukungnya untuk berkompetisi secara sehat di Pileg 2024 mendatang.

“Etika moral demokrasi di kita memang masih perlu upaya-upaya mencerdaskan, bukan hanya politisinya saja melainkan pendukungnya juga. Ini yang sering terjadi (gesekan,red) di bawah, bahwa jagoannya ingin menang kompetisi, namun terkadang mudah terpancing,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Senin (15/05/23).

Idris juga berpesan kepada seluruh masyarakat dan bacaleg, bahwa pemilu ini bukan untuk memilih yang terbaik.

“Jadi mereka enggak perlu sombong, enggak pelu jumawa, merasa yang terbaik, bukan. Pemilu itu bukan untuk memilih yang terbaik tapi untuk menjauhkan orang-orang yang terburuk menguasai negara ini, itu yang harus ditanamkan oleh mereka,” tegasnya.

Sehingga ketika mereka jadi, sambungnya, maka akan bekerja secara sungguh-sungguh untuk masyarakat.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, semua partai baik yang lolos parliemantary threshold maupun partai yang baru, sudah mendaftarkan bacalegnya ke KPU.

“Setelah ini kami akan melakukan tahapan verifikasi admistrasi bacaleg yang telah disampaikan masing-masing parpol. Tahapan ini kami lakukan mulai 15 Mei sampai 23 Juni 2023,” jelasnya.

Setelah itu, lanjutnya, pihaknya juga akan melakukan tahapan Daftar Calon Sementara (DCS) 19-28 Agustus 2023.

“Pada waktu yang sama, kami juga akan menerima masukan dan tanggapan masyarakat yang disampaikan, ada tahapan itu,” katanya.

Masyarakat nantinya, kata dia, dapat memberikan tanggapan atau masukan terkait dengan DCS yang diumumkan oleh KPU.

“Tanggapan dan masukan tentang DCS ini bisa disampaikan langsung ke KPU,” jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini ada sebanyak 18 partai politik peserta pemilu 2024 mendatang. Dimana, masing-masing parpol harus memenuhi kuota 50 bacaleg. Dengan begitu, ada 900 bacaleg yang mendaftar ke KPU untuk memperebutkan 50 kursi di DPRD Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here