Dilengkapi Sarpras Memadai, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Sabet Akredetasi A

82
Petugas UPT PKB Dishub saat melakukan uji KIR kendaraan

Cilodong | jurnaldepok.id
Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Depok meningkatkan sarana dan prasarana.

Kepala Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Depok, Indra Gunawan kepada wartawan mengatakan, pelayanan uji kir kendaraan Dinas Perhubungan Kota Depok berhasil meraih akreditasi A dari sebelumnya Akreditasi B.

“Hingga saat ini baru ada dua unit pelayanan kir di Provinsi Jawa Barat yang meraih akreditasi A yakni Kota Depok dan Kabupaten Indramayu,” ujarnya, kemarin.

Indra mengatakan, akreditasi A itu berhasil diraih karena ada peningkatan pada sarana dan prasarana.

“Misalnya, penerapan sistem pembayaran non tunai, tersedianya sarana ruang tunggu yang nyaman bagi pemilik kendaraan, alat uji kalibrasi yang modern dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memadai. Kami juga sudah memperoleh sertifikat ISO 9001, dan memiliki area parkir yang sangat luas,” katanya.

Indra menyebut, tahun 2021 jumlah kendaraan yang melakukan uji kir di UPT PKB Dishub Kota Depok sebanyak 21 ribuan kendaraan.

Penurunan itu, kata Indra, terjadi karena menyusutnya jumlah kendaraan penumpang umum, seperti angkutan perkotaan (angkot) dan taxi.

“Seperti diketahui, banyak perusahaan taxi yang gulung tikar. Begitu juga banyak angkot yang tidak lagi beroperasi,” jelasnhya.

UPT PKB Dishub Kota Depok bertekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pemilik kendaraan yang akan melakukan uji kir.

Saat ini, kata dia, tidak ada lagi transaksi tunai di UPT PKB, semua menggunakan e-banking, termasuk QRIS. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here