Rawat dan Jaga Keberagaman, GP Ansor Kota Depok Launching Rumah Toleransi

286
Ketua dan pengurus GP Ansor Depok foto bersama usai melaunching Rumah Toleransi

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Depok meresmikan rumah toleransi di Jalan Raya Sawangan, Ruko CBD No. 4 Mampang, Pancoran Mas.

Ketua GP Ansor Kota Depok, H. Ahmad Kahfi kepada wartawan mengatakan, keberadaan rumah toleransi sebagai simbol kerukunan dan toleransi beragama di Kota Depok.

“Terlebih lagi, Depok sebagai kota yang heterogen. Diharapkan dengan adanya rumah toleransi ini mampu membawa warna tersendiri dalam merawat dan menjaga perbedaan di antara kita,” ujarnya, kemarin.

Dengan upaya tersebut, kata dia, serta kolaborasi dengan tokoh lintas agama akan menjadi kekuatan bersama dalam membangun Depok.

“Tentu, secara organisasi sebagai ruang konsolidasi, pergerakan GP Ansor Depok untuk berkhidmat bagi masyarakat,” paparnya.

Sekretaris GP Ansor Kota Depok, Junaidi mengatakan, sebelumnya acara Launching Rumah Toleransi dihadiri perwakilan tokoh lintas agama, perwakilan dari Polres, Kodim, DPRD Depok dan lainnya.

Ia menambahkan, dalam kesempatan tersebut juga ada menjaga toleransi dan kerukunan antar umat agama di Kota Depok.

“Terlebih lagi, Depok dalam salah satu survei disebut sebagai salah satu kota tingkat intoleransi yang tinggi. Melalui momentum hadirnya rumah toleransi ini tokoh lintas agama Kota Depok membuat kesepakatan bersama dalam nenjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama,” tandasnya.

Menurutnya, kesepakan bersama tersebut akan terus ditindaklanjuti dengan beragam kegiatan di rumah toleransi. Hal serupa juga akan dilakukan dengan pemuda lintas agama.

“Tokoh agama seperti dari tokoh Kristen, Budha, Hindu, Konghuchu dan lainnya. Rumah Toleransi menjadi simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Kota Depok. Semoga dengan kehadiran Rumah Toleransi semakin tercipta kondusifitas, kerukunan beragama dan toleransi semakin terjaga,”kata Junaidi.

Ketua GP Ansor Kecamatan Pancoran Mas, Ust Faturrahman mengaku bahwa Rumah Toleransi akan dimanfaatkan dengan beragam kegiatan. Diantaranya program rutin mingguan, bulanan, semesteran, pelatihan, diskusi dan agenda peringatan hari besar.

“Tentu, sebagai konsolidasi internal, NU Depok dan masyarakat luas. Kami sudah ada agenda kegiatan dengan para tokoh lintas agama di Kota Depok. Disamping itu, kegiatan Ansor seperti majlis zikir, diskusi, pelatihan. Maupun kegiatan dari PC NU Depok dan badan otonom NU. Semoga GP Ansor Depok semakin memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Ketua PW GP Ansor Jawa Barat, Deni Ahmad Haidar mengapresiasi berdirinya Rumah Toleransi. Menurutnya, keberadaan Rumah Toleransi di Kota Depok sebagai rumah bersama. Dirinya mengajak untuk memanfaatkan Rumah Toleransi secara bersama agar semakin memberikan manfaat.

“Semoga dengan adanya Rumah Toleransi oleh GP Ansor Depok ini semakin memperkuat toleransi dan kerukunan umat beragama di Depok. GP Ansor semakin memberikan manfaat,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here