Dibangun Terlalu Rendah, Jembatan di Atas Drainase Jadi Biang Kerok Banjir Jalan Raya Keadilan

166
Lurah RJB saat melihat pembongkaran jembatan di atas drainase

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, H. Tajudin mengatakan telah menyebarkan surat imbauan kepada warga melalui Ketua Lingkungan terkait upaya penataan saluran air yang kerap menjadi pemicu terjadinya banjir.

Demikian diungkapkan Tajudin, saat memantau perbaikan jembatan diatas saluran air (Drainase) disisi ruas Jalan Raya Keadilan, Rawadenok, kemarin.

“Diruas Jalan Raya Keadilan terdapat beberapa titik ruas jalan yang kerap tergenang air yang meluap dari Drainase, setelah kami lakukan pengkajian, ternyata salah satu penyebabnya karena jembatan diatas saluran air itu posisinya sejajar bahkan ada yang lebih rendah dari permukaan bidang jalan, hal ini yang memicu luapan air saat debit air di saluran meningkat,” ujar Tajudin kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakannya, permasalahan banjir akibat meluapnya air dari saluran air (Drainase) tidak hanya mengganggu kenyamanan para pengguna jalan, namun juga merepotkan aktivitas warga lantaran air kerap mengalir dan masuk ke permukiman warga.

“Kami telah mengedarkan surat imbauan untuk warga yang intinya agar warga lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan dalam surat edaran itu kami juga meminta kepada warga yang memiliki jembatan diatas saluran air agar memperhatikan posisi ketinggian jembatan jangan sampai posisi jembatan lebih rendah dari permukaan jalan karena itu akan memicu penyempitan rongga untuk aliran air dan memicu luapan air,” imbuhnya.

Dia menambahkan, setelah ditelusuri, ternyata masih banyak saluran air (drainase) yang letak konstruksi nya masih lebih rendah dari permukaaan bidang jalan, terutama drainase disejajar ruas Jalan Raya Keadilan.

“Ya, kami sekarang fokus pada penataan saluran air (Drainase), kami ingin agar masyarakat berperan aktif dalam melakukan penataan lingkungan dan tidak hanya menunggu atau mengandalkan pembenahan dari Pemerintah saja, dan Alhamdulillah gagasan kami disambut baik dan didukung oleh para Ketua Lingkungan dan jajaran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM),” tutur H. Tajudin.

Terpisah, Ketua RT 03/03, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, Taufik Zajuli mengatakan sudah menindak lanjuti inbuan Lurah terkait peran serta masyarakat dalam penataan kebersihan lingkungan.

“Imbauan pak Lurah sudah kami sampaikan kepada masyarakat, dan kami akan laksanakan imbauan itu karena memang ini untuk kepentingan warga,” tutup Taufik. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here