Mutiara Ramadhan: Keberkahan Bulan Suci Ramadhan

164
Lahmudin Abdullah

Oleh: Lahmudin Abdullah, S.Kom
Anggota DPRD Depok

Terdapat keutamaan Ramadhan yang pertama yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh barakah.

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

“Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

Berkah itu berarti bertambah kebaikan. Sebagai perumpamaan, uang yang sama-sama bernilai Rp 100 ribu akan beda kualitasnya jika ada keberkahan di dalamnya, karena akan bertambah nilai kebaikan.

Itulah bulan ramadhan. Ibadah-ibadah kita dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Bahkan urusan berbisnispun terasa menjadi bergairah di bulan ramadhan.

Hampir setiap hari bisa kita lihat suasana di sepanjang jalan pemukiman yang dipenuhi oleh para pedagang takjil, dan Alhamdulillah semua dagangan mereka laku terjual oleh para pembeli untuk persiapan berbuka.

Suasana ini tidak dapat ditemukan di bulan yang lain. Betapa suasana saling berbagi dapat kita lihat dan rasakan tumbuh pada masyarakat di bulan ramadhan. Ini adalah pendidikan yang sangat berarti untuk kesinambungan kehidupan di masyarakat, yang jika diterapkan sesudah ramadhan, maka suasana kebersamaan sosial ini akan indah.

Bukan hanya di level bisnis yang kecil saja, namun level bisnis yang lebih besar pun banyak menerima manfaat dari kehadiran bulan Ramadhan, yang tentu saja itu tidak hanya dirasakan oleh orang kaum muslimin, namun bisa juga dirasakan oleh non muslim.

Itulah kehebatan, kemuliaan dan keberkahan bulan ramadhan. Mari sama-sama kita raih keberkahan itu untuk diri kita, keluarga kita dan masyarakat kita. |*

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here