Tangkap Pembuang Sampah Liar, LPM Pangkalan Jati Baru Bakal Berikan Rp 200 Ribu

88
Terlihat tumpukan sampah yang dibuang di Jalan H. Terin RT 05/03 tepatnya dipinggir Kali Krukut Cabang Barat

Cinere | jurnaldepok.id
Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB), Kecamatan Cinere, Maruloh Kiky mengaku kesal dengan ulah para pembuang sampah sembarangan, terlebih lanjut dia aksi biang sampah disisi ruas jalan saat ini semakin marak dan membuat kawasan seputar jalan menjadi kumuh dan kotor.

Saking kesalnya, Kiky menulis pengumuman sayembara berhadiah uang tunai bagi siapa saja yang berhasil menangkap tangan pembuang sampah di seputar jalan.

“Kami akan memberikan hadiah Rp 200 ribu bagi siapa yang berhasil menangkap dan membawa pelaku pembuang sampah dipinggir jalan ke Kantor Kelurahan, pelaku akan kami proses sesuai ketentuan Perda,” ujar Kiky kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakannya, tumpukan sampah di pinggir ruas jalan semakin banyak dan mengganggu kenyamanan para pengguna jalan dan membuat kawasan seputar jalan menjadi kumuh.

“Kami sudah berkoordinasi dengan warga dekat titik pembuangan sampah dan para ketua lingkungan untuk mengatasi aksi buang sampah sembarangan. Namun sekarang ternyata jumlah tumpukan sampah semakin banyak. Untuk itu kami membuat pengumuman bagi yang berhasil menangkap pembuang sampah sembarangan akan kami beri hadiah uang tunai sebesar Rp 200 ribu,” imbuhnya.

Dikatakan Kiky, di wilayah Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB) terdapat empat titik lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Salah satu titik TPS liar yang paling parah terdapat di Jalan H. Terin RT 05/03 tepatnya dipinggir Kali Krukut Cabang Barat.

“Sekarang sudah ada empat titik pembuangan sampah liar, kami tidak akan pernah mentolerir aksi buang sampah sembarangan karena perbuatan itu tidak hanya mengganggu kenyamanan warga dan pengguna jalan, namun jelas-jelas melanggar peraturan daerah (Perda), bagi pelaku akan dikenakan tindak pidana ringan (Tipiring),” tegasnya.

Dia menambahkan, keputusan untuk meningkatkan penindakan secara tegas terhadap para pembuang sampah di pinggir jalan perlu dilakukan untuk memberikan shock therapy kepada para tangan jahil yang suka membuang sampah di sembarang tempat.

“Kami harus mencari cara yang efektif agar bisa memberi efek jera kepada para pelaku pembuang sampah sembarangan. Mudah-mudahan nanti akan ada warga yang menangkap para pelaku pembuang sampah sembarangan untuk diproses sesuai ketentuan hukum,” pungkasnya. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here