Setelah Didesak Melalui Petisi Terkait Status Jalan, Bappeda Kaji Pelebaran Raya Cinere

69
Pembangunan sparator di Jalan Raya Cinere beberapa waktu lalu

Cinere | jurnaldepok.id
Surat Petisi para Ketua RW se Kelurahan Cinere yang meminta pemerintah melakukan pelebaran ruas Jalan Raya Cinere direspon oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Depok.

Respon Pemerintah Kota Depok dapat dilihat dari kunjungan jajaran Bappeda Kota Depok pada akhir pekan kemarin.

Menanggapi hal itu Camat Cinere, H Mursalim mengatakan, kegiatan peninjauan Jalan Raya Cinere yang dilakukan oleh jajaran Bappeda merupakan respon terhadap usulan warga Cinere yang menghendaki dilakukan pelebaran bidang Jalan Cinere guna mengatasi kemacetan yang semakin parah.

“Kami menyambut baik respon yang ditunjukkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam hal ini Bappeda Kota Depok, namun semua harus melalui mekanisme dan tahapan sesuai aturan sehingga warga diminta sedikit bersabar menunggu kebijakan yang akan ditetapkan terkait usulan pelebaran ruas Jalan Raya Cinere,” ujar Mursalim kepada Jurnal Depok, kemarin.

Pernyataan senada disampaikan oleh Lurah Cinere, Kecamatan Cinere, Pupung Purwawijaya.

“Kami tentu sangat mengapresiasi respon dari Bappeda terkait usulan warga yang dituangkan dalam surat Petisi yang dikirim melalui Ketua DPRD Kota Depok, mudah-mudahan usulan warga dapat segera terakomodir,” tandas Pupung.

Dikatakan Pupung, sesuai pernyataan Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana usulan warga Cinere kini sedang dalam proses pengkajian untuk menentukan kebijakan guna menjawab harapan masyarakat terkait pelebaran ruas jalan raya yang selama ini dikenal dengan kemacetannya.

“Menurut Kepala Bappeda, usulan sedang dalam pengkajian, dan beliau menekankan pada prinsipnya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tidak mengabaikan usulan namun sehubungan dalam menetapkan kebijakan, pemerintah harus menempuh tahapan sesuai aturan, jangan sampai kebijakan itu melabrak aturan,” papar Pupung menirukan pernyataan Dadang Wihana selaku Kepala Bappeda Kota Depok.

Terpisah, Ketua RW 08, Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Eko Supriyanto berharap kunjungan jajaran Bappeda di ruas Jalan Raya Cinere pada pekan silam merupakan sinyal positif bagi rencana pembenahan kemacetan di ruas jalan tersebut.

“Terima kasih buat jajaran Bappeda yang telah merespon usulan kami, kami berharap usulan pelebaran bidang Jalan Raya Cinere dapat segera terealisasi meskipun pelaksanaannya dilakukan secara bertahap,” ungkap Eko.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Kelurahan Cinere, Kecamatan Cinere, Ahmad Jayadi mengaku optimis usulan warga yang dituangkan dalam surat Petisi yang ditanda tangani para Ketua RW se Kelurahan Cinere bakal direspon oleh Pemerintah Kota (Pemkot) yang memang telah lama merencanakan pelebaran ruas bidang Jalan Raya Cinere.

“Usulan pelebaran itu sudah lama mencuat, namun pada Musrenbang dua pekan silam wacana itu menguat seiring adanya Petisi dari para Ketua RW. Mudah-mudahan dalam waktu dekat proses pelebaran ruas Jalan Raya Cinere segera dilaksanakan oleh pemerintah, kami tidak terlalu mempermasalahkan soal status jalan,” tegasnya. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here