HeadlinePolemik

Bangunan Sekolah Terancam Ambruk, Guru dan Siswa SDN Curug 01 Ancam Mogok Sekolah

Bojongsari | jurnaldepok.id
Praktisi pendidikan SDN Curug 01 dan para orang tua murid yang tergabung di Komite Sekolah menegaskan bakal melakukan aksi mogok sekolah jika hingga tanggal 9 Januari 2023 pihak PT Graha Perdana Indah (GPI) selaku pengembang perumahan tidak melakukan penurapan tebing lahan milik GPI yang berada persis di dekat bangunan sekolah.

Kesepakatan antara para praktisi pendidikan dan komite SDN Curug 01 didapat dari hasil rapat koordinasi Komite Sekolah dengan Kepala Sekolah dan Guru, Senin (19/12) yang dilanjutkan dengan pembuatan surat pemberitahuan untuk PT Graha Perdana Indah agar memenuhi permintaan para wali murid.

Pada surat bernomor : 421.2 / 067 / SDNCRG01 / XII / 2022 ditegaskan pihak sekolah dan komite meminta kepada manajemen GPI untuk segera melakukan penurapan dan membuat pondasi yang kokoh ditebing setinggi 10 meter dekat pagar sekolah.

Pasalnya, jika tidak, dikhawatirkan bangunan sekolah akan ambruk akibat terkikis lomgsor tebing yang sangat dekat dengan bangunan sekolah. Pengiriman surat pemberitahuan itu dibenarkan oleh Hati Nurhayati selaku Kepala SDN Curug 01.

“Ya, kami sudah melaksanakan rapat dengan jajaran komite sekolah, intinya kami mendesak agar PT GPI selaku pihak yang melakukan penggalian tanah untuk membangun turap tebing tanah dekat bangunan sekolah kami, karena kami tidak ingin bangunan sekolah ambruk jika nanti tebing dekat pagar sekolah longsor. Potensi itu sangat memungkinkan apalagi sekarang lagi musim hujan yang dapat mempercepat terjadinya guguran tanah atau biasa disebut longsor,” ungkap Nurhayati.

Tak tanggung-tanggung, surat pemberitahuan yang ditujukan kepada PT Graha Perdana Indah (GPI) yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan ketua komite sekolah serta sejumlah orang tua murid, juga ditembuskan kepada Gubernur Jawa Barat, Wali Kota Depok dan Dinas Pendidikan Kota Depok, dengan harapan agar pihak pihak tersebut dapat ikut membantu menyelesaikan potensi masalah yang kini sedang dihadapi oleh pihak sekolah.

Permintaan pihak sekolah SDN Curug 01 selaras dengan pernyataan yang disampaikan oleh salah satu anggota DPRD Provinsi Jabar, Hasbullah Rahmad.

Pada pernyataannya, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) juga meminta kepada dinas terkait untuk meninjau ulang dan mencabut perizinan pembangunan perumahan yang telah diajukan oleh pihak PT GPI sebelum pihak GPI membangun turap dan pondasi di tebing tanah dekat bangunan sekolah.

Dikatakan Hasbullah, pembuatan pondasi dan turap yang kokoh sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya longsor tebing yang dapat mengganggu kenyamanan dan mengancam keselamatan murid dan guru saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah.

“Banyak jenis perizinan yang harus dimiliki oleh pengembang sebelum melakukan pembangunan, kami mendesak kepada dinas terkait untuk meninjau ulang perzjinan yang telah diterbitkan jika pihak GPI tidak mau memenuhi tuntutan pihak sekolah, ini demi keamanan dan keselamatan murid,” tutup Hasbullah. n Asti Ediawan

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button