Habiskan Biaya Rp 14,2 M, Masjid Al Mukhlashin Digadang-gadang Sebagai Masjid Termegah di Sawangan

14299
Wali Kota Depok didampingi Camat Sawangan dan pengurus saat meresmikan Masjid Al Mukhlashin Sawangan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Warga Jalan Abdul Wahab, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, kini boleh berbangga hati. Pasalnya, saat ini mereka telah memiliki masjid yang digadang-gadang termegah di wilayah Kecamatan Sawangan.

Ya, kemarin Wali Kota Depok, Mohammad Idris bersama KH Syukron Ma’mun baru saja meresmikan masjid yang dibangun menghabiskan dana sebesar Rp 14,2 miliar.

“Alhamdulillah masjid telah diresmikan oleh Pak Wali Kota. Untuk biaya berupa uang menghabiskan dana sebesar Rp 14.296.497.000. Sementara sumbangan berupa material cukup banyak,” ujar Zuaini Muttaqien, Ketua DKM Masjid Al Mukhlashin, Senin (12/12).

Ia menambahkan, proses pertama pembangunan masjid yang berdiri di atas lahan kurang lebih 6.000 meter per segi itu dilakukan sejak Juli 2018.

“Sumber pendanaan berasal dari warga sekitar, pengguna jalan, pemerintah dan donator khusus. Jika dihitung, pengguna jalan penyumbang terbesar dari pembangunan masjid ini yang mencapai 70 persen lebih,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, masjid yang menggunakan tiang dan pintu berlapis kayu jati kualitas terbaik tersebut dibangun dua lantai dan mampu menampung 2.500 jamaah.

“Kami bersyukur kepada Allah SWT dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembangunan Masjid Al Mukhlashin ini. Diharapkan masjid ini mampu menampung jamaah dengan jumlah besar serta menambah ghiroh masyarakat untuk beribadah di masjid. Semoga masjid yang megah ini berbading lurus dengan semangat masyarakat untuk memakmurkannya agar masyarakat Sawangan semakin berkah,” harapnya.

Sementara itu Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, masjid bukan saja sebagai tempat berkumpul orang-orang yang berkonflik, tetapi tempat kumpulan pengurus-pengurus yang selalu ingin mengedepankan kebersihan.

“Kebersihan hatinya, pikirannya, kegiatannya, fisik masjidnya,” katanya seperti dilansir berita.depok.go.id.

Dikatakannya, dengan masjid yang bersih, maka para pengurus di dalamnya juga akan harmonis. Untuk itu, imbuhnya, pentingnya mengadakan kegiatan yang membangun sinergisitas atau kebersamaan di masjid.

“Harapan saya nanti masjid dibersihkan, Insya Allah para pengurusnya harmonis, karena tidak ada orang Cilodong jadi pengurus di sini, di sini lokal orang Sawangan, biar tidak konflik, apalagi di masjid,” ungkapnya.

Acara peresmian Masjid Al Mukhlashin Sawangan juga dirangkai dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here