Wali Kota: Senin SDN Pocin 1 Harus Dikosongkan, Ini Tanggapan Menteri PMK

378
Seorang pejalan kaki saat melintas di depan SDN Pocin 1

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan pada hari Senin (12/12) esok, SDN Pondokcina 1 yang berada di Jalan Margonda harus dikosongkan.

“Ini sudah kesepakatan bersama waktu minggu lalu di Balaikota, mereka (orang tua,red) meminta anaknya selesai semester dulu kemarin, oke kami beri kesempatan sampai Jumat (09/12), setelah itu mereka libur,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Kamis (08/12).

Pada, Senin (12/12), sambungnya, pihaknya akan menawarkan beberapa pilihan seperti pemindahan ke SDN 03 dan SDN 05 Pondokcina.

“Kalau enggak mau pindah ke sekolah tersebut dan memilih pindah ke sekolah lain, tetap kami akan fasilitasi agar keinginan mereka sekolah di pagi hari bisa terpenuhi. Tetap (dikesekusi,red),” paparnya.

Lebih lanjut Idris mengatakan, bahwa langkah itu diambil setelah melalui kesepakatan dengan Forkopimda dan para orang tua siswa.

Sementara itu dikutip dari cnnindonesia.com, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah daerah harus memastikan fasilitas pendidikan tetap tersedia bagi siswa SDN Pondokcina 1, Depok, Jawa Barat.

Hal itu disampaikan Muhadjir merespons polemik relokasi SDN Pocin 1 untuk pembangunan masjid. Menurutnya, rencana pengalihan fungsi lahan sekolah untuk masjid tersebut tak perlu dipersoalkan.

“Asal sekolahnya diberi ganti yang lebih bagus kan, bagus juga. Tidak harus dipersoalkan apakah itu diganti masjid atau bukan masjid,” kata Muhadjir usai acara Germas Award di Gedung Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (06/12).

Yang penting, lanjutnya, fasilitas pendidikan untuk anak-anak tetap tersedia.

“Syukur-syukur dengan diubahnya fungsi tempat itu untuk masjid, itu pelayanan pendidikannya semakin lebih bagus,” imbuhnya.

Muhadjir menyerahkan polemik yang terjadi di SDN Pocin 1 kepada Pemkot Depok.

“Enggak harus sampai ke Kemenko PMK, itu tingkat daerah selesaikan tingkat daerah,” pintanya.

Seperti diketahui polemik SDN 1 Pondokcina mencuat setelah Pemerintah Kota Depok merencanakan pembangunan Masjid Jami Al Quddus yang dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di lokasi tersebut.
Dimana nantinya, para siswa akan direlokasi ke SDN 03 dan SDN 05 Pocin yang lokasinya tak jauh dari SDN Pocin 1.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan fasilitas pendidikan, Pemerintah Kota Depok akan membangun gedung sekolah baru untuk jenjang SMP di kelurahan yang sama. Pasalnya, di lokasi tersebut (Pocin 1) kondisinya sudah tidak aman dan nyaman bagi siswa dan kelangsungan kegiatan belajar mengajar. n Rahmat Tarmuji

SeS

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here