Depok Expo Berlangsung Meriah, Wali Kota Fasilitasi Pembuatan Perizinan UMKM

185
Wali Kota didampingi Kadis DKUM saat memperkenalkan produk UMKM

Laporan: Aji Hendro
Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menggelar Depok Expo di Balaikota, Jalan Margonda dengan tema Berdayakan UMKM Depok Sejahtera.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kota Depok, Dede Hidayat mengatakan, kegiatan Depok Expo bertujuan untuk mempromosikan produk-produk usaha mikro se-Kota Depok dalam program wirausaha seperti produk kuliner, craft dan fashion.

“Harapan kami agar produk-produk usaha mikro di Kota Depok dikenal oleh lapisan masyarakat khususnya oleh warga Depok,” ujarnya.

Kegiatan ini, lanjutnya, sebagai langkah menambah pengetahuan tentang keanekaragaman produk baik kuliner, craft dan fashion serta memperluas akses pasar sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Depok dan mewujudkan serta mengembangkan sumberdaya ekonomi lokal membuka peluang usaha serta lapangan pekerjaan baru di Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan program Depok Expo ini sebagai bagian dari acara puncak D’Kerens yang ada di setiap kecamatan.

“Cukup panjang rangkaian dalam Wira Usaha Baru (WUB) diantara media promosi untuk produk-produk UMKM Depok supaya dalam acara Depok Expo ini dapat lebih tersosialisasi,” jelas Idris didampingi Ketua Umum Jawara Kota Depok, Ubaidillah.

Idris mengungkapkan, tujuan diselenggarakan Depok Expo ini adalah salah satunya untuk mempermudah perijinan bagi pelaku UMKM yang selama ini kesulitan dalam pembuatan.

“Dashboard UMKM ini kami bentuk sebagai menciptakan usaha kemandirian ditambah pelayanan dapat lebih mudah dengan bekerjasama dalam pengantaran produk dapat lebih cepat,” katanya.

Idris menambahkan, masyarakat era sekarang ini ada hedonis jadi apa-apa semua serba cepat dan tersedia untuk dapat apa yang diinginkan.

Selain itu untuk target pencapaian WUB mencapai 5.000 UMKM dan penciptaan pengusaha perempuan, diyakini Idris optimis akan dapat terealisasi hingga 2024.

“Tahun ini kami sudah berhasil menciptakan sebanyak 2.100 tahun 2022, tahun 2023 akan tambah 2.100 dan target 5.000 UMKM akan tercapai di 2024 termasuk pengusaha perempuan,” tambahnya.

Untuk para UMKM yang hadir mengikuti kegiatan Depok Expo adalah perwakilan 11 kecamatan dengan pelaksanaan acara selama dua hari mulai dari tanggal 8 – 9 Desember.

“Kami juga mengadakan wadah dalam pembuatan izin dalam rumah perizinan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha UMKM dalam proses percepatan usaha kerja,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here