LPM Terpilih Langsung Tepati Janji, Berani Berkorban Gunakan Dana Pribadi

603
H Widodo didampingi Ketua RW dan Babinsa saat meninjau normalisasi Kali Enggram

Sawangan | jurnaldepok.id
Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) terpilih Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, H Widodo bersama ketua lingkungan setempat langsung action melakukan normalisasi Kali Enggram.

“Alhamdulillah, ini program kerja satu hari saya setelah terpilih bisa terealisasi, karena normalisasi Kali Enggram ini juga menjadi aspirasi masyarakat yang menginginkan agar aliran air kembali normal, dan janji harus segera ditepati,” ujar Widodo kepada Jurnal Depok, Rabu (30/11).

Ia menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan PUPR untuk melakukan normalisasi kali sepanjang 1.500 meter tersebut. Ia merasa bersyukur pihak PUPR dapat menurunkan alat berat untuk mengeruk lumpur.

Dijelaskannya, Kali Enggram yang melintas di tiga RW itu terakhir dinormalisasi tiga tahun lalu pada masa kepemimpinan LPM almarhum H Aman Suherman.

“Kedepan, kami akan melibatkan warga untuk menjaga dan merawat kali ini. Kami akan jadwalkan minimal sebulan sekali swdaya merapihkan kali. Beberapa hari lalu kami juga telah membangun drainase di lingkungan Masjid Ar Rahmah,” paparnya.

Tak hanya itu, beberapa program pembangunan akan menjadi prioritasnya. Salah satunya pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU) di setiap RW di wilayah Sawangan Baru.

“Kami sudah pesan 20 tiang listrik untuk PJU, ini dana pribadi. Karena di wilayah Sawangan Baru sangat minim PJU. Adanya PJU diharapkan mampu mencegah aksi kriminalitas dan tongkrongan remaja di tempat gelap,” katanya.

Sesepuh Kelurahan Sawangan Baru, Aksa Santari mengapresiasi keberanian Widodo dalam membangun lingkungan menggunakan dana pribadi.

“Terima kasih Pak H Dodo, karena selepas kepergian almarhum H Aman, Kali Enggram ini tidak tersentuh. Normalisasi kali ini juga untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan seperti sekarang ini,” ungkapnya.

Meskipun belum dilantik, kata dia, namun Widodo sudah melakukan action dengan penataan lingkungan.

Koordinator Lapangan SDA PUPR Depok, Saiman mengatakan, dibutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk melakukan normalisasi Kali Enggram.

“Karena ini cukup panjang jaraknya, kalau tidak selesai dua minggu kami akan lanjut kembali. Personel yang kami terjunkan 12 orang,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here