Buruh di Depok Minta UMK Naik 13 Persen, Pemkot: Keputusan di Tangan Gubernur

130
Aksi buruh saat menuntut kenaikan UMK beberapa waktu lalu

Margonda | jurnaldepok.id
Para pekerja di Kota Depok meminta agar Upah Minimum Kota (UMK) pada tahun 2023 naik 10-13 persen.

Ketua Serikat Kamiparho atau Makanan, Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau, Soleh kepada wartawan mengatakan, pembahasan UMK Depok tahun 2023 sudah dibahas.

“Kami para pekerja sudah mendengar adanya pembahasan UMK antara unsur pekerja, Apindo, Dinas Tenaga Kerja,” ujarnya, kemarin.

Dia menambahkan, dari unsur pekerja minta UMK Depok tahun 2023 naik 10-13 persen sementara dari kalangan pengusaha Apindo masih mengacu kepada Peraturan Pemerintah No 36.

“Sementara dari pihak Dinas Tenaga Kerja mengacu kepada Peraturan Menteri No.18,” katanya.

Dia menambahkan, belum ada kesepakatan terkait rekomendasi kenaikan UMK karena setiap unsur berbeda mengajukannya.

“Kalau kami berpendapat kenaikan UMK Depok 2023 minimal 10 persen karena dampak dari kenaikan BBM akan diikuti oleh kenaikan kebutuhan hidup,” jelasnya.

Dikatakannya, tahun 2022 kenaikan upah tidak dapat mengurangi beban hidup karena kenaikan upah tidak seimbang dengan kenaikan kebutuhan hidup pekerja.

“Pertumbuhan ekonomi dan inflasi Kota Depok serta dampak kenaikan upah tahun 2022 yang tidak diimbangi oleh kenaikan kebutuhan hidup. Kami berharap Gubernur dapat memutuskan kenaikan upah yang dapat mensejahterakan pekerja/buruh khususnya di Kota Depok,” harapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Mohammad Thamrin mengatakan, Pemkot Depok sudah mengajukan rekomendasi dari Wali Kota ke Provinsi Jawa Barat terkait kenaikan UMK.

“Jadi kami sudah menyampaikan hasil rekomendasi UMK dari Wali Kota Depok ke Gubernur Jawa Barat. Karena yang menetapkan adalah Gubernur Jawa Barat,” jelasnya.

Pihaknya, kata dia, hanya mengusulkan saja, namun setuju atau tidak setuju yang menetapkan adalah Gubernur Jawa Barat.

“Namun Pemkot Depok mengajukan untuk kenaikan UMK berada di kisaran tujuh persenan,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here