Kinerja Perusahaan Makin Baik, Dirut PLN Raih Penghargaan Excellent Leader of the Year

27
Dirut PLN (kanan) saat menerima penghargaan Excellent Leader of the Year

Jakarta | jurnaldepok.id
Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mendapatkan penghargaan Excellent Leader of the Year dalam Top Executive Award 2022. Penghargaan ini diperoleh Darmawan karena dinilai berhasil memimpin PLN di tengah pandemi serta mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.

Berdasarkan riset dan penilaian Top Executive Index 2022, Darmawan dinilai pantas mendapat penghargaan Top Excecutive dengan keberhasilannya mengembangkan perusahaan dalam beberapa kategori berikut, Digital Corporate Brand Awareness Aspect, Revenue & Revenue Growth Aspect, dan Nett Profit & Profit Growth Aspect.

CEO Tras n Co Indonesia, Tri Raharjo mengatakan transformasi yang dilakukan PLN menjadi kunci penting dalam mendorong kinerja perusahaan. Dengan digitalisasi sistem ia menilai tidak hanya kinerja perusahaan yang meningkat, tetapi juga pelayanan pelanggan yang dibuktikan oleh rating aplikasi PLN Mobile.

“Kami berharap PLN ke depan makin memberikan pelayanan yang prima buat pelanggannya. Karena setiap pribadi yang ada di Indonesia ini adalah pelanggan PLN. Mudah-mudahan kinerja PLN ini bisa terus ditingkatkan,” ujar Tri.

Sementara itu Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo berterima kasih atas penghargaan ini mengingat selama pandemi PLN juga menghadapi berbagai tantangan, mulai dari penurunan demand listrik hingga krisis energi. Namun berkat transformasi yang dilakukan selama 2,5 tahun terakhir, PLN tetap mampu menghadapi berbagai situasi tersebut.

“Kami melakukan digitalisasi sistem. Sehingga seluruh proses bisnis kami menjadi ringkas, cepat, dan termonitor. Dalam prosesnya kami juga melakukan efisiensi, inovasi, dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” ungkapnya dalam sambutan penghargaan Top Excecutive Award 2022 (28/11).

Ia menambahkan, berkat transformasi tersebut, PLN mampu mencatatkan laporan keuangan terbaik sepanjang sejarah. Dengan pendapatan penjualan mencapai Rp 289 triliun, menurunkan Biaya Pokok Produksi (BPP) sebesar Rp 15 per kWH, dan kontribusi pajak meningkat sebesar Rp 5,7 triliun.

“PLN hari ini jauh lebih sehat dengan sistem kelistrikan yang jauh lebih andal, sistem keuangan yang sehat, dan pelayanan pelanggan yang sangat memuaskan,” ungkapnya.

Untuk pelayanan pelanggan, PLN Mobile menjadi aplikasi yang sangat menonjol karena telah diunduh oleh 35 juta pelanggan dengan rating aplikasi yang mencapai 4,8.

“Melalui PLN Mobile kami hadirkan aplikasi layanan yang mudah dan cepat. Semua perjuangan ini all out kami lakukan demi satu tujuan, yakni memberi layanan terbaik untuk seluruh rakyat Indonesia,” jelas Darmawan.

Top Excecutive Award 2022 merupakan penghargaan untuk pemimpin perusahaan dengan kinerja terbaik dalam memimpin perusahaannya. Penghargaan yang diinisiasi oleh Infobrand.id dan Tras n Co Indonesia ini kriteria penilaiannya mengacu pada peningatan revenue, profit, serta citra positif perusahaan. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here