Alhamdulillah…90 Pelamar Langsung Diterima Saat Mengikuti Bursa Kerja Pemkot Depok

4251
Terlihat kerumunan pencari kerja di bursa kerja yang digelar Pemkot Depok

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Sekitar 90 pencari kerja langsung mendapatkan pekerjaan saat mengikuti bursa kerja yang dilaksanakan oleh Pemkot Depok.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Mohammad Thamrin mengatakan, bursa kerja yang digelar di Balairakyat, Sukmajaya merupakan agenda kedua yang sebelumnya dilaksanakan di Balai Rakyat, Beji, Depok.

Bursa Kerja ini menjadi yang acara kedua yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Depok untuk membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan. Dari kegiatan bursa kerja yang pertama dilaksanakan tercatat ada sekitar 90 warga yang langsung mendapatkan pekerjaan di perusahaan.

“Dari pelaksana bursa kerja, kami harapkan para pencari kerja yang setiap tahun selalu meningkat bisa mempertemukan antara perusahaan dengan para pencari kerja,” ujarnya, Selasa (29/11).

Dirinya juga berharap dengan adanya bursa kerja ini mampu membuat para lulusan bisa segera menemukan pekerjaan yang tersedia.

“Semoga lulusan SMA, SMK bahkan perguruan tinggi bisa berpartisipasi dalam mempertemukan antara perusahaan dengan pencari kerja,” paparnya.

Dia mengatakan, dengan adanya bursa kerja yang dilaksanakan selama dua hari hingga Rabu (30/11) setidaknya 30 persen dari pelamar kerja bisa dapat diterima.

“Kami berharap dengan banyak yang datang hari ini untuk mencari kerja, setidaknya 30 persen bisa diterima di perusahaan. Dengan adanya kegiatan ini bisa mengatasi jumlah penggangguran dan para pencari tenaga kerja di Kota Depok,” jelasnya.

Dikatakannya, tingkat pengangguran Kota Depok menurut data Badan Pusat Statistik Kota Depok pada tahun 2021 turun 0,11 persen menjadi 9,67 persen dibadning tahun 2020 yang mencapai 9,87 persen.

Selain membuka bursa kerja secara offline, Dinas Tenaga Kerja Depok juga membuka bursa kerja secara online setiap harinya melalui aplikasi Bursa Kerja Online (BKOL) Depok.

Untuk itu, ia mengajak perusahaan agar bisa bekerja sama dengan Disnaker Depok untuk membuka lowongan pekerjaan di aplikasi tersebut.

Rencananya di tahun 2023 nanti pihaknya akan mengajak warga Kota Depok untuk mengikuti pelatihan kerja di luar negeri seperti ke negara Jepang.

Di lokasi sama anggota Komisi D DPRD Depok, Imam Musanto mengapresiasi kegiatan pekan bursa kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Depok.

Menurut dia, kegiatan itu bisa bermanfaat untuk warga Depok yang sedang mencari pekerjaan.

“Kami berharap kegiatan job fair bisa menyerap tenaga kerja terutama tenaga kerja dari Depok. Bahkan ada yang langsung mendapatkan pekerjaan di salah satu perusahaan ketika mengikuti kegiatan job fair ini,” ungkapnya. n Aji Hendro

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here